Febry Hadinata Wordpress

Serba Serbi Twitter

with 15 comments


Twitter

Edwin : Shel, lu punya twitter ga?!
Shella : Ha? twister?! siang2 gini koq ngomongin makanan si win?! kagak punya gw …
Edwin : (doh) … Twitter ini mbak Twitter, bukan Twister …
Shella : Ha? apaan lagi itu?!
Edwin : ahh sini-sini gw jelasin, Twitter itu ya … blah blah blah …

dan baru saja Edwin mendapatkan 1 follower di dunia Twitter, berkat usaha menjelaskan apa itu Twitter.

Sudah cerita umum, bahwa kebingungan akan nama Twitter itu adalah hal yang lumrah, berbeda dengan nama facebook yang gaung suaranya sudah lebih luas dan merakyat. Disini saya akan mencoba menjelaskan dasar-dasar apa itu dunia Twitter dan beberapa istilah dalam dunia twitter.

Apa itu Twitter menurut Wikipedia

Twitter adalah sebuah situs mikroblog dan situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi seperti Twitterrific dan Twitbin. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kata twitter secara harfiah berarti ‘berkicau’.Situs ini mempunyai konsep blog mikro dalam penggunaannya.Di Indonesia situs jejaring sosial ini mempunyai pengguna aktif yang cukup banyak.

Kesuksesan Twitter membuat banyak situs lain meniru konsepnya, kadang menawarkan layanan spesifik lokal suatu negara atau menggabungkan dengan layanan lainnya. Suatu sumber bahkan menyebutkan bahwa paling tidak ada 111 situs web yang memiliki layanan mirip dengan Twitter.

Sebenarnya twitter ini mirip dengan SMS (short message service) yang hanya bisa memuat tulisan sebanyak 140 huruf. Dengan menerapkan konsep “microblogging” ini, saya merasa Twitter lebih nyaman untuk mencari informasi, khususnya informasi yang terbaru. Dibantu dengan sistem mereka yang mampu untuk auto generate suatu keywords yang lagi banyak di perbincangkan, maka kita akan tau apa Trending Topics yang lagi di bicarakan akhir-akhir ini.

Tagline Twitter yang dulunya sempat menggunakan kata “What are you doing?” sekarang telah diganti menjadi “What’s Happening?”, saya rasa manajemen Twitter menyadari bahwa peranan twitter bisa lebih usefull apabila usernya bukan sekedar berbagi “apa yang mereka lakukan” tetapi “apa yang terjadi di sekitar mereka?”.

Twitter Vs Facebook
Ini yang sering ditanyakan oleh teman-teman saya ketika saya telah menjelaskan panjang-lebar tentang twitter, “terus apa bedanya twitter dengan facebook?”.
Berikut kelebihan Facebook yang tidak dipunyai Twitter

  • Shoutout facebook bisa lebih panjang dari 140 karakter.
  • Memungkinkan untuk langsung upload photo dan video.
  • Groups dan Pages.

Sedangkan berikut adalah kelebihan Twitter dibandingkan Facebook

  • Mudah untuk mencari berita terbaru, karena kita dibantu dengan Trending Topics
  • Bentuknya yang sangat sederhana (140 karakter untuk tiap shoutout) membuat web ini lebih cepat di load baik di mobile browser ataupun desktop browser
  • Hashtag — dengan hashtag kita bisa membuat sebuah conversation sendiri ke beberapa orang sekaligus.
  • System Following dan Follower

Lalu apakah twitter sendiri tidak dapat melakukan posting photo / video?! ohh jangan salah, justru kekurangan-kekurangan ini yang membuat perusahaan lain membuat application third party, mulai dari memanjangkan panjang postingan (twitlonger.com), kemudian posting photo / video (twitpic.com / twiddeo.com) dan masih banyak lagi.

Dari kelebihan-kelebihan yang dimiliki Facebook dan Twitter ini, mengakibatkan beberapa netter terkadang kebingungan, ada beberapa fungsi yang tumpang tindih (khususnya update status). Tapi tenang, jangan bingung-bingung dahulu, tidak ada salahnya kita menjalankan kedua website jejaring sosial ini. Saya sendiri masih menggunakan kedua-duanya, menggunakan facebook saat promosi sebuah photo :), dan menggunakan twitter untuk update status dan mencari berita terbaru.

Pengenalan User Interface
Merasa sudah memiliki facebook, bukan berarti kita menolak untuk membuat twitter?! karena seperti yang saya jelaskan di atas mereka memiliki perbedaan sendiri-sendiri. Dua-duanya menurut saya sudah merupakan makanan kebutuhan “pokok” untuk para netter.

Buat yang belum punya account twitter, silahkan daftar di twitter.com/signup dijamin gratis.
Setelah mendaftar jangan lupa untuk melakukan aktifasi account twitter dan dibawah adalah tampilan dasar twitter. Seringkali orang yang sudah daftar pada twitter akan bingung, ini untuk apa?! yang ini untuk apa lagi?! dan ditutup dengan kebingung sehingga akhirnya malas untuk meneruskan (ini sudah hal biasa). Karena itu, saya mencoba share user interface sederhana dari twitter.

Interface Dasar

  1. Menu Utama
    • Home – Halaman timeline Anda, yang akan menampilkan semua update tweet dari orang-orang yang kita following
    • Profile – Halaman twitter.com/usernamekita yang contentnya adalah postingan kita, dan apa yang kita lihat pada halaman ini tentunya sama dengan yang dilihat orang lain.
    • (Kita bisa melakukan set ke private tweet — hanya mengijinkan follower kita yang dapat melihat status update kita — caranya bisa dilihat di bagian bawah)

    • Find People – Mencari user lain yang berada di dunia Twitter
    • Settings – Tempat dimana kita dapat melakukan setting tampilan, bahasa, atau bahkan ganti username kita.
    • Help and Signout – Sepertinya yang ini tidak usah saya jelaskan, pembaca pasti tau sendiri 🙂
  2. Nama username kita dan jumlah posting tweet kita.
  3. Following – Follower – Listed
    • Following — disini kita bisa memutuskan untuk mengikuti perkembangan status siapa saja?! (Misal : kita following Breaking News) maka nanti pada timeline Home kita akan keluar update status “Breaking News” dan dari orang-orang yang kita following
    • Follower — jumlah orang yang melakukan follow terhadap semua shoutout kita, jadi apa yang nantinya kita posting di bagian shoutout, otomatis semua follower dapat membacanya di timeline mereka.
    • Listed — seberapa banyak orang yang melakukan list timeline kita. Prinsipnya sama dengan follower semua postingan kita akan tampil di List tersebut.
  4. Ads atau sponsor atau iklan – abaikan bagian ini
  5. Side Menu
    • Home — Halaman timeline kita.
    • @usernamekita — dalam dunia twitter biasa dikenal dengan nama Mentions/Reply dimana user twitter lain menuliskan @usernamekita pada shoutout mereka. Saat kita membuka halaman ini, maka semua Mention/Reply ke @usernamekita akan ditampilkan. (Contoh format Mention bisa dilihat pada gambar dibawah ini, nama sengaja disamarkan guna mencegah hal-hal yang diinginkan.)

      twitter-mention-reply

    • Direct Message — atau disingkat menjadi DM adalah layanan private message, dimana antara user A dan B saling mengirim message private yang hanya bisa di baca user A dan B.
    • Favorites — kumpulan dari shoutout orang-orang yang sudah kita tandai favourite. Bagaimana membuat shoutout seseorang menjadi favourite? cukup klik tanda bintang (lihat contoh di bawah)

      Twitter - Favourite

    • Retweets
    • adalah istilah dalam dunia twitter dimana twitter orang lain yang kita anggap penting untuk di sebarkan lagi kepada follower kita, maka kita bisa melakukan ReTweet. Namun seringkali banyak orang yang masih bingung akan perbedaan dari ReTweets dan Reply (akan dijelaskan dibawah). Retweet memiliki 2 versi, versi lama dan versi terbaru.

      • Versi Lama (format penulisan : “RT @usernamekita : pesan dan kesannya”) — beberapa bulan lalu sebelum RT (ReTweet) berevolusi menjadi versi baru, user biasa melakukan RT untuk keperluan reply topik seseorang, gunanya untuk memberitahu kita me reply pada suatu topik. Namun tidak sedikit juga beberapa orang yang mengeluhkan masalah RT ini, mereka yang melakukan reply kepada seorang teman menggunakan fitur RT (yang memang disediakan oleh beberapa aplikasi third party) hanya untuk membalas Mention/Reply temannya, akibatnya semua follower akan membaca percakapan “kurang jelas” dari kedua orang tersebut (a.k.a RT Abuser).

        Twitter RT

      • Versi Baru — ini merupakan evolusi retweet-manual pada versi lama, di versi baru ini otomatis ini kita tidak dapat melakukan modifikasi teks dari shoutout orang yang akan kita retweet. Bagusnya menggunakan fitur ini adalah, hasil shoutout kita yang di retweet orang lain, tidak akan muncul lagi pada timeline kita.

        Twitter ReTweet Versi Baru

  6. List — List adalah timeline yang bisa kita buat sendiri, contoh (List dari sekumpulan keluarga, teman kantor, group A, group B, artist, musician, dll). Dengan menggunakan List kita bisa mengorganisir Timeline kita. Dibawah adalah contoh gambar timeline yang saya buat, untuk contoh hasilnya bisa kalian klik twitter.com/febryhadinata/twittertaint.

    Twitter List

    nb : Saya sendiri lebih suka memasukkan beberapa nama orang (artis, musician) ke dalam List daripada saya harus following mereka satu-persatu, karena timeline saya bisa lebih bersih sedikit. 🙂

  7. Trending Topics — Di dunia twitter Trending Topic adalah istilah untuk beberapa topik yang sedang marak dibicarakan, Trending Topics dibagi menjadi 3 bagian, harian, mingguan dan bulanan. Dari sinilah kita bisa mengetahui issue-issue apa yang lagi Hot-Hotnya.
  8. Shoutout — Di kolom inilah kita bisa menuliskan tulisan apapun, tentang issue-issue yang terjadi di sekitar kita, bahkan sampai jadwal harian mulai dari makan, mandi, tidur, makan lagi, tidur lagi.
  9. Timeline — Dibagian inilah kita akan melihat postingan orang-orang yang sudah kita following.
  10. Reply, Retweet, Favourite — Klik Reply untuk me-reply shoutout seseorang, gunakan ReTweet apa bila dirasa informasi itu cukup penting untuk follower anda, dan gunakan Favourite untuk menjadi kan shoutout itu favourite item anda.
  11. Search — (lupa menautkan angka 11 pada gambar di atas) Fitur terakhir yang merupakan kelebihan dari twitter adalah fitur searchnya. Dengan memasukkan sepotong kata keyword tentunya kita dapat mencari info terbaru yang kita inginkan secara real time (tanpa melakukan refresh halaman untuk mengetahui update search terbaru anda). Jadi jangan heran apabila kadang website sekelas detik.com beritanya harus muncul 5 menit setelah issue baru dalam twitter mencuat.

Reply Vs Retweet
Sudah banyak kontroversi permasalahan dalam pemakaian Reply atau ReTweet ini. Masih banyak yang mengira RT adalah bentuk lain dari ReplyTweet, namun sebenarnya bukan itulah makna RT sesungguhnya. Karena itulah disini saya kana membahas lebih mendalam apa itu Reply dan apa itu Retweet?
Berikut adalah penjelasan Reply menurut Wikipedia

A reply is a statement or acknowledgment made in response to an interrogative question, request or comment

Reply biasa digunakan untuk menyampaikan pesan / response langsung kepada si penanya (dalam hal ini adalah user twitter lainnya).
Dalam dunia twitter Reply bisa dilakukan dengan cara mengetikkan “@username teksnya”.
Dengan menggunakan fungsi Reply ini maka pesan tersebut akan langsung tersampaikan ke user yang kita tuju — namun perlu di perhatikan dalam dunia Twitter — contoh kasus apabila A di follow user B dan C, kemudian A mengirim reply ke user B, maka otomatis pada timeline user C muncul pesan reply dari A ke B. (Ilustrasi Reply bisa dilihat di bawah).

Twitter - Reply1

Dari contoh gambar di atas,

  • Apabila user “B” melakukan reply ke “A”, dengan mengetik “@A hallo” maka pada timeline user “A” akan keluar pesan user “B”,
  • Namun sebaliknya apabila user “A” melakukan reply ke “B”, dengan mengetik “@B hallo” maka pada timeline user “B” Tidak akan keluar pesan user “A” tersebut, dikarenakan user “B” tidak melakukan follow ke user “A”

Twitter Reply 2

Dari contoh gambar di atas,

  • Apabila user “B” melakukan reply/mention ke “C”, dengan mengetik “@C hallo” maka pada timeline user “C” akan keluar pesan user “B” tersebut, sekaligus user “A” akan mendapatkan pesan “@C hallo” tersebut, dikarenakan user “A” telah memfollow si “B” dan si “C”.

Itulah kira-kira gambaran nggak simple tentang Reply, simplenya apabila ada user yang memfollow kita berdua (saya, dan lawan reply saya) pasti dia akan mendapatkan pesan tersebut di timelinenya.

Berikutnya kita akan membahas apa itu Re-Tweet, menurut salah satu sumber Re-Tweet adalah,

Abbreviated as RT, Retweet is used on the Twitter Web site (a free social messaging tool), to show you are tweeting content that has been posted by another user. The format is RT @username where username is the twitter name of the person you are retweeting.– (sumber : webopedia.com)

Seperti yang saya jelaskan di atas, ReTweet memiliki 2 versi, lama dan baru, yang versi baru mungkin tidak perlu kita permasalahkan. Namun sebaliknya untuk yang versi lama, — dibantu dengan provider aplikasi third party yang menyediakan tombol ReTweet — ditambah beberapa user yang suka RT Abuser (melakukan reply tetapi dengan fitur RT lama) tentunya akan membuat beberapa follower cukup kelepek-kelepek melihat timeline mereka.

Twitter - Reply Vs Retweet

Dulu waktu awal-awal bermain twitter saya juga masih senang “ikut-ikut’an” memakai format “reply — RT @username teks asli dari username”, tapi setelah blogwalking akhirnya saya mngerti perbedaan RT vs Re.

Fenomena booming bak air pasang pada twitter ini membuat orang rajin untuk melakukan update status. Tidak jarang juga beberapa dari mereka membuat microblogging ini sebagai sarana chatting untuk tetap bisa stay contact dengan para teman atau para idola mereka. Kejadian spam timeline oleh RT Abuser ini bukanlah masalah baru, banyak mereka yang menyertakan aktivitas chatting mereka ke dalam bahan diskusi RT yang tentunya hal itu akan dibaca oleh para follower mereka.

Tidak ada aturan baku harus memakai RT atau langsung Reply untuk membalas sebuah pesan. Semua kembali ke masalah etika, meski tidak semua orang mengerti apa itu etika berinternet (termasuk saya, yang juga sedang belajar).

Mau tidak mau? Suka tidak suka? Semua itu kembali ke kita, Twitter menciptakan tombol Follow dan Unfollow. Pilihan kita terhadap RT Abuser juga ada ditangan kita kan?! betul?!

Nah itulah beberapa panduan dasar ber twitter ria, seharusnya masih banyak yang lagi yang bisa share. Tapi melihat scroll kanan sudah mulai menciut, sudah saatnya saya akhiri perkenalan twitter ini. Next update akan saya buat postingan baru mungkin.

Hmmm, saya juga mau sharing sedikit, disini saya masih sering menjumpai beberapa teman yang sering curhat sehabis menggunakan twitter. “errmm, kenapa ya tiap kali saya update status, koq ga ada yang reply?!” ah ini pikiran klise yang sudah banyak beredar, susah memang untuk menciptakan tweet / shoutout yang simple namun menggelitik untuk di komentari balik oleh orang lain. Namun terlepas dari pertanyaan itu, kenapa kita tidak tetap proactive untuk melakukan update status tanpa mempedulikan reply dari orang lain?! toh bukannya dengan proactive bisa memberikan value positif dalam diri sendiri?! betul?!

So seberapa besakah twitter telah merubah hidup anda?!

Next Update … [Aplikasi Third Party dalam twitter]

Advertisements

Written by Febry Hadinata

28 February 2010 at 01:48

Posted in Uncategorized

Tagged with , ,

15 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Lengkap banget feb!
    Next article bisa bahas juga penyalahgunaan RT ga? biar kalo ada yang RT abusing bisa diarahin ke sini 😛

    Fajar Nurdiansyah

    8 March 2010 at 12:35

    • haha thank you Jar …
      sep RT abusing + aplikasi third party postingan setelah ini hehehe 🙂 :cheers:

      Febry Hadinata

      8 March 2010 at 12:43

  2. Omigosh… definitely it is the most comprehensive explanation about Twitter in Bahasa Indonesia.. hebat!

    Kalo Facebook enak buat conversation antar konco sih, tapi Twitter kuat di real time-nya. Di musim ujan kayak gini misalnya, twitter ngebantu aku banget supaya ga kehujanan.. 😛

    Jiewa

    8 March 2010 at 23:02

    • hehe gara2 banyak yang tanya “makanan apa itu twitter feb?” ini supaya ga capek jelasin satu-satu 😀

      setuju twitter lebih kuat buat real-time information yang lewat aja … Kadang cari informasi lebih enak di twitter dripada di Google (saling cross check untuk mencari keabsahan berita terkini) 🙂

      Febry Hadinata

      8 March 2010 at 23:09

  3. perbedaan ga penting tapi mempengaruhi perkembangan twitter di sini : twitter nggak (atau belum) diblok di kantor pada jam kerja hehe

    TamaGO

    10 March 2010 at 11:50

  4. wow.. awesome.. detail bgt penjelasannya 😉
    Two thumbs up

    veronicaDsonata

    14 March 2010 at 22:26

  5. ga ngerti dah apaan ini.. pokoknya skr flickr ane bisa nyambung ke sini… hehehehe

    myudistira

    22 March 2010 at 18:06

    • twitter bisa disebut juga tool buat ajang promosikan suatu bisnis 🙂 salah satu contohnya ya photo2 gallerynya mas Yudis yang ajib2 itu sendiri hehehe …

      Febry Hadinata

      23 March 2010 at 09:53

  6. Eh mr Hanoman ..
    msh ada yg ndak ngerti2 neh tulalit
    1. Bbrp nama following emang jga ada di follower ya
    membedakannya bgmna ..
    2. Bila jd follower lalu pengen jd following aja bsa ga ? ( atw sebaliknya )
    3. Apa bisa jadi keduanya ( ing dan er )
    4. terima kasih dtunggu ….

    BBassBB

    18 August 2012 at 11:05

    • 1. beda, Following, artinya kita Follow Timeline orang lain, Follower artinya orang2 yang memfollow Timeline kita
      2. sama kayak di atas, kita cuman bisa menentukan mau Follow siapa saja (nantinya akan masuk ke Following). Follower itu kalo misal saya follow twit mas, maka follower mas nambah 1
      3. Bisa, ambil contoh : saya bisa ngefollow mas BBassBB, dan sebaliknya BBassBB follow saya 🙂 (ing dan er)

      Febry Hadinata

      18 August 2012 at 12:42

  7. Kalo sy blh nanyak, apa ini nama akun twitternya mba Febry. salam kenal y. 🙂

    Putra Hutagaol

    23 August 2013 at 17:45

  8. very nice post, i certainly love this web site, keep on it daekedcbbeak

    Johne246

    10 September 2014 at 13:08

  9. Btw, DM itu bisa saling jawab tanpa follow dulu atau kudu follow ya?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: