Febry Hadinata Wordpress

Mango Sago at Ah Chew Desserts

with 4 comments


Well karena diminta kanan-kiri buat sharing hasil travelling tahun lalu, aku mau coba share makanan penutup simple ini dulu 🙂

Yup’ this is it Dessert Mango Sago. Bicara soal Dessert pastinya kebayang makanan penutup yg punya rasanya konsisten manis, kadang disajikan dingin, ringan dikunyah en segerr di perut. Ga cuma itu, Desserts yang merupakan component standard dari abad ke 19 ini ga harus selalu disajikan dibagian akhir / penutup, kadang malah ada yang menggunakannya sebagai menu utama.

Nah pas keliling hari kelima di kota Se’pore, tiba-tiba temen message ngasih tempat kuliner enak namanya Ah-Chew Desserts di depan Bugis Junction. Dia bilang menu Mango Sago-nya mantab! wajib coba! eh ya udah jalanlah ke sana modal pesan singkat “Depan Bugis Junction”, sempet 15 menit cari-cari papan tulisan ah-chew tapi tanpa hasil. Setelah tanya lagi, ternyata oh ternyata salah gang sodara2 :))

ah chew desserts

Beberapa temen bilang tempat ini mirip “Hidden Jewel” aga nyelempit, but don’t judge book by its cover, berlaku juga buat kedai satu  ini, dari luar keliatan kecil, tapi cukup rame pas sore hari (puncaknya sehabis pulang jam kerja), kadang juga harus sampe rela antri.

Design interiornnya model-model China klasik ada gantungan-gantungan lampion plus lengkap bangku kayu model bulat berrongga di dalamnya dan tanpa sandaran, cangkruk disini sejam mungkin still ok, but tiga jam kayaknya pulang alamat lanjut cari sinse 😀

Sekedar tips, hindari berkunjung pas toko mau tutup, karena biasanya hampir semua menu sudah sold out.

Varian Menu 

Menunya sendiri tersedia sekitar +40 varian, yup banyak pilihan, en tiap menunya ada yang cold & hot dan ukuran small atau medium, tinggal tunjuk sesuai selera. Menunya super detaill, ada harga tiap variannya, sampai yang untuk dibungkus pun ada harganya sendiri.

the menu

Nah dari menu sebanyak ini yang fav yang mana feb? kata orang sih favorit nomor satunya Mango Sago, tapi selain itu ada juga Mango Sago with Pomelo Fresh Milk Steam Egg with Red BeanYam with SagoRock sugar white fungus with papaya. Buat yang demencoolindesserts you must tryy lah leeeh.

The Mango Sago 

Yuk lirik dulu ke halaman sejarahnya. The Mango Sago ini awal mulanya lahir di Hong Kong, China sekitar tahun 1980s, semakin bertambahnya waktu semakin laris juga di kawasan China, Jepang, dan bertambah ke beberapa negara Asia tenggara lainnya. Buat orang Asia, menu ini termasuk simple untuk dibuat sendiri, jadi jangan heran larisnya produk ini berangkat dari foodstalls semacam warung.

Nah kembali ke aktor utamanya, the fresh-yellow-looks desserts ini. Pesanan datang setelah 10 menit pemesanan, 1 mangkok ukuran medium dengan kuah warna kuning fresh sari buah mangga. Tanpa diaduk akan kelihatan pearl sagonya, beberapa irisan buah mangga, dan potongan es batu yang rapi. Kalo kuahnya diaduk perlahan bisa keliatan tekstur serat-serat buah mangga bercampur coconut milk. Dari baunya tercium harum-manis-pekat mirip kalo pas kita kupas buah mangga, dan dari rasa pastinya ga usah dijelaskan :  maniss + segerrr, coba makan desserts yang satu ini pas lagi terik diluar. Dijamin nambahh! 😀

Nilai tambah buat presentasinya, gabungan juice, potongan mangga + ice baloknya yang rapi menjadikan desserts ini pas buat di photo dan yang pastinya bakal jadi appetite-booster! Bentuk mangkuk dan sendoknya yang terbuat dari porcelain juga makin menguatkan aksen China tempat ini.

mangosago01

Selain laris di Asia, menu ini juga banyak ditemuin di negara paman Sam sana lho, cukup banyak malah, tapi mungkin rasanya bakal beda karena buah mangga yang digunakan berbeda, kadang mereka menggunakan mangga kalengan instead of use the real one. Keterbatasan buat mendapatkan buah mangga disana adalah faktor penyebabnya. Jadi bersyukurlah kita disini masih melimpah ruah akan buah mangga 🙂

Buat yang penasaran se-simple apa seh buat Mango Sago? siapkan bahan utamanya : Mangga, sago (sagu), coconut milk, tepung, gula dkknya. Untuk proses lengkapnya coba hubungi ahlinya : Mr. google, cukup banyak varian resep disana. Guarantee 😀

mangosago04

Nah dear blogwalkers, udah ada yang pernah nyobain desserts satu ini? or mau share referensi tempat Mango Sago enak di tempat lainnya? bisa langsung tulis di comment bawah 🙂

The Mango Sago @ Ah Chew Desserts

01-11 Liang Seah Street Singapore(189022)
(click here to open the map)
 

How to go there?

Take MRT and get off Bugis station (EW12) and walk around 100 meters
(click here to see directions)
 

Open Time

Tue–Fri : 12.30pm – 11.30pm
Sat–Sun : 1.30pm – 11.30pm
(Closed on Monday)
 

Price

  • Mango Sago SG$ 3.70
  • Mango Sago & Pomelo SG$ 4.00
  • Yam with Sago SG$3.20
  • Fresh Milk Steam Egg with Red Bean SG$3.20
  • Rock sugar white fungus with papaya  SG$2.7

Tempat Recommended lainnya

  • Mei Heong Yuen Desserts
    65-67 Temple Street, Chinatown
  • Tong Shui Desserts
    People’s Park Centre
  • Summer Palace
    at the Regent Singapore
Advertisements

Written by Febry Hadinata

16 July 2011 at 21:06

4 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. SG$3.7 dah kaya main course jalanan yg rata2 SG$4 itu ya, kapan2 boleh dicoba klo kesana lagi, tampak menggiurkan di fotonya

    TamaGO

    18 July 2011 at 15:34

  2. worth it tapi tam, a little taste of heaven! 😀

    Febry Hadinata

    20 July 2011 at 13:10

  3. aihhh… jadi laper…. 😦 jadi pengen 😦

    meicaa

    26 July 2011 at 08:53

  4. Enaknya buah mangga yang matang.

    Alive

    29 July 2011 at 15:42


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: