Febry Hadinata Wordpress

Let’s Get Lost

with 32 comments


Spring Escape South Korea

Semua cerita bermula dari salah satu maskapai Negara tetangga yang doyan tebar-tebar promo tiket murah, yes yang rajin traveling pasti tau lah ya nama maskapainya πŸ™‚ AA. Tepat tahun lalu, AA promo free seats, iseng-iseng check tiket ke luar, dan niatan waktu itu harus pilih salah satu negara yang maju di area Asia, antara Tokyo or Seoul. Setelah galau sekian jam, dengan hati berkata Tokyo, dan dompet berkata lain, jadi lah deal issue ticket buat ke Seoul. Dan petualangan pun dimulai, Spring escape to South Korea! πŸ˜€

Bisa dibilang akhir-akhir ini wabah korea menginvasi anak abege, tapi dibilang diri ini masih abege kok ya ga tega sama yang baca πŸ˜€ Yes, aku termasuk salah satunya yang kena virus satu ini, semenjak kenal Variety Show β€œRunning Man” & β€œFamily Outing” (YJS and the boys). Variety show yang tidak menjual sisi entertainment tapi juga sisi landscape dan culture Korea. Dari satu landscape ke landmark lainnya, dari satu culture ke lifestyle lainnya, dipacking ala variety show, smart marketing move buat menarik jumlah wisatawan. Penasaran? Tonton sendiri! πŸ˜€

Spring Escape South Korea

Traveling kali ini rencananya mo dibuat different, terinspirasi dari channel NatGeoAdventure dengan slogannya “Let’s Get Lost”, akhirnya perjalanan 9 hari 8 malam dengan rute SeoulJinhaeBusanJejuCheoungju – Seoul ini pun akhirnya coba-coba jadi solo traveler en tanpa guide. πŸ™‚

Tiket sudah ditangan, perjalanan 9 hari 8 malam tanpa guide en solo traveler tentunya terlalu nekat kalo ga punya plan A – Z, time to googling ini-itu, well prepared is a must! So kali ini mau coba share 7 things we need to know first about South Korea πŸ˜€ (tips dibawah cuma buat mereka yang mau ubek-ubek korea ala backpackers) πŸ™‚

Visa

Banyak yang bilang bikin visa ke negara ini sulit, ga cuma satu atau dua orang yang percaya buat jalan-jalan ke negara ini butuh tabungan banyak, stempel di passport harus berlembar-lembar, harus punya surat undangan dan syarat-syarat lainnya, untungnya itu semua cuma mitos! Well, dengan tabungan tipis yang ga mepet-mepet banget, stempel passport cuma di 2 lembar pertama, dan berkas ini-itu buat meyakinkan kedubes akhirnya visa approved. Intinya yakinkan pihak kedubes kalau kamu sanggup survive selama liburan disana.

Visa untuk ke korea ini berlaku selama 90 hari dari tanggal di approve / diterbitkan. Pembuatannya bisa langsung ke kedubes Korea di Jakarta serahkan berkas-berkas yang diminta dan biaya administrasi 30USD. Buat yang di luar kota bisa coba memakai travel agent, harganya bervariasi antara 400-700rb IDR (murah berarti lama, mahal berarti cepat, sesuai hukum rimbanya)

Tipsnya ada di banyak parameter biar visa dapat stempel dari kedubes, lebih detailnya akan dikupas habis di post terpisah πŸ˜€

Four Different Seasons

Korea memiliki empat musim, suhu terendahnya bisa mencapai -20C dan terpanasnya 30C, setiap 3 bulan akan di rolling : Winter – Spring – Summer – Autumn. Dari keempat musim itu ga ada istilah β€œbest timenya kapan?”, keempat-empatnya punya best-spot / activities masing-masing, tinggal sesuaikan dengan selera. Dan berikut ini jadwal rollingnya :

  • Winter : mid November – mid March (snow)
  • Spring : last March – early May (cherry blossom a.k.a sakura)
  • Summer yet Rainy season : mid May – early September (beach)
  • Autumn : mid September – early November (fall) yang perlu diingat, Summer season juga memiliki curah hujan yang paling tinggi dalam setahun.

#tips:
– Buat yang masih galau pilih best seasonnya, saranku pilih antara Spring / Autumn, you won’t regret it πŸ™‚
– Tiap season kadang memiliki festival, informasi untuk festival biasa nya di post announce h-30 hari sebelumnya, tapi patokannya bisa dilihat dari acara taun lalunya. Contoh : Spring Festival March – May 2012 atau di web english.visitkorea.or.kr

Spring Escape South Korea

Survival Skills

Mitosnyaa … masih banyak yang percaya mayoritas Korean can’t speak english well. Mitos yang satu ini bener apa adanya! mostly disana sehari-hari menggunakan bahasa ibu mereka, dan untuk second languagenya yang masih jarang ditemui adalah β€œsome english”, japanese, and chinese. Bahasa β€œsome english” itu bahasa inggris sekenanya, english dengan accent asia di mixup dengan body language serabutan. Itu untuk generasi tuanya, sedangkan untuk generasi mudanya beberapa sudah mulai fasih dengan bahasa inggris (kata seorang teman, korean univ aged / high school studentnya lebih fokus belajar pada grammar instead of speakin, jadi harap dimaklumi kalo englishnya kurang bagusdi telinga).

*Rumus tadiΒ  cuma berlaku di main city (Seoul / Busan), berpindah sedikit ke daerah pedesaan, hampir semua generasi tua-mudanya hanya fasih berbahasa Korea. Jadi sudah pasti kita mesti buka kamus / keluarin body language.

Berita baiknya : mayoritas papan petunjuk di public place Korea (main city / desa) sudah terdapat translation English, Chinese, Japanese (kecuali bus stop mereka). Citizens disana terbilang ramah, meskipun kitanya kesulitan berkomunikasi dengan english, mereka masih dengan antusias membantu kita dengan bahasa seadanya (it happened while I lost in Jeju Sagye-Ri, thanks ahjumma!).

Kesimpulannya : Survival skills disini termasuk tinggi πŸ˜€ tapi dengan catatan kita sudah well prepared dengan googling ini itu, minimal tahu tentang lifestyle, culture dan peta buta disana πŸ™‚ Kuncinya, don’t be afraid to ask for help.

#Tips :
– Buat yang can’t speak Korean / read hangeul, ada baiknya mempersenjatai smart phone kalian dengan aplikasi basic Korean Language yang versi offline selain tentunya membawa kamus.

Getting Around (Public Transporation)

Pilihan publik transport di korea termasuk banyak, mulai dari yang ramah di kantong, sampai yang bikin mikir dua kali. Bakal garing kalo harus liburan cuma di Seoul, Nami, en Everland doang. Masih banyak jalan menuju Jeju, Busan, Daegu, atau kota lainnya dengan budget minim gaya backpacker, tapi sebelum itu penting untuk tahu jenis transportasi disana, sederhananya : Domestic Flight, Bus, Subway (MRT), en Train (kapal Ferry en Taxi mirip-mirip sama negara kita jadi ga dibahas lebih lanjut)

Mari bahas satu per satu πŸ˜€

  • Domestic Flight
    Sarana ini yang menghubungkan Seoul dengan kota lainnya (Jeju, Busan, Cheongju, dll). Buat yang mau ke daerah selatan Busan / Jeju bisa menggunakan alternatif ini. Bicara pesawat pasti identik dengan mahal, tapi dibandingkan dengan time cost yang harus di tempuh dengan sarana lain yang lebih murah, tentunya pesawat bisa jadi bahan pertimbangan.Sebagai gambaran tiket pesawat Busan – Jeju (250rb IDR, all in – tiket harga promo), Mahal? Itu relatif, dibandingkan harus naik kapal ferry dengan perjalanan total 11 jam, untuk traveler yang diburu waktu tentunya lebih bijak naik pesawat πŸ˜€ Perjalanan udara Busan – Jeju sekitar 55 menit, mirip jarak tempuh Surabaya – Bali :Dcatatan kecil : beda ladang beda belalang, disana kita bisa checkin 20 menit sebelum departure, sedikit beda dengan budaya kita πŸ˜€

    #tips :
    – Untuk web domestic flight yang user-friendly (ada opsi English) dan pada hari tertentu ada discount up to 90% untuk pre-booked ticket, bisa di check di www.jejuair.net atau di www.twayair.com atau di www.eastarjet.com
    – cantumkan nomor passport yang valid serta nama lengkap, pembayaran bisa menggunakan kartu kredit.

  • T-Money
    Sebelum bahas Subway / Seoul-Bus di korea, mari bahas T-Money terlebih dahulu. Berupa kartu seukuran kartu kredit, yang memiliki sensor / chip yang menyimpan data balance kita (refillable). Kartu isi ulang ini bisa di refill di banyak mesin sekitaran subway (T-Money bisa di refill di Seoul, Busan). Pemakaiannya cukup menempelkannya ke sensor. Kalau yang pernah ke Singapore mungkin tau EZ link card. Sama!Ga mau pake T-Money bisa juga pake sistem manual (duid receh / kertas) di tiap mesin , tapi saranku ambil T-Money, lebih murah en praktis! πŸ™‚ T-Money bisa di dapat di convenience store (GS25, family mart, dan sejenisnya), turun dari Incheon abis lewat gerbang imigrasi, dan ambil bagasi. Di dekat pintu masuk ada GS25, bisa beli disana. Kalo ga salah ingat, per kartunya 3000KRW, sekaligus bisa refill balance.
  • City Bus
    Transport publik utama di Korea, hampir di kota besar / desa-desa ada sarana ini. Bus dalam kota yang menghubungkan hampir seluruh area maintown sampai downtownnya. Sayangnya sarana bus disana masih belum disupport bahasa english, jadi siap-siap roaming ketika baca papan petunjuknya. Pembayaran busnya bisa menggunakan T-Money.

    #tips:
    – Ada aplikasi yang cukup informatif untuk bisa tahu jam kedatangan bus, rute bus, bus stop terdekat dan bus stop map dalam bahasa hangeul + english, Seoul bus for Apple or Android.

  • Express (고속, Gosok) dan Intercity Bus (μ‹œμ™Έ, Sioe)
    Sedikit berbeda dengan City Bus, bus yang ini biasanya menghubungkan Seoul dengan kota-kota lainnya (Seoul – Busan, Busan – Daegu, dll). Tidak ada sitem reservasi onlinenya, jika mau pesan bisa langsung ke Bus Terminalnya, bicara dengan penjaga loket kota tujuannya (better tunjukkan hangeul / tunjuk peta instead bahasa lisan, karena ada beberapa region di korea ada yang bernama mirip).
    Contoh : Jinhae Bus Terminal at Google Maps.

    #tips:
    – Buat yang dari Seoul mau ke Busan/Jeonju, pemerintah korea mempunyai program free shuttle (selama tahun 2012). Untuk detailnya bisa di check di web visitkorea.

  • Subway
    Kereta bawah tanah, transportasi masal yang menghubungkan jantung kota seoul sampai ke daerah pinggiran. Biasa juga di sebut MRT (Mass Rapid Transportation). Buat yang pernah bepergian ke Singapore, pastinya naik sarana satu ini sudah ngga asing lagi. Bedanya, kalau di Singapore line MRT cuma 4 – 5 line, nah di Seoul 9 – 10 line, rumit? lumayan!

    #tips:
    – Aplikasi untuk jalur subway yang recommended : Jihachul (versi Apple, versi Android)

  • Train
    Well, transportasi kereta api di Korea bisa dibilang sudah sangat maju. Korail, adalah salah satu operator milik pemerintah yang memanage semua jalur yang ada. Total ada sekitar 15 line yang menghubungkan seluruh area di Korea Selatan, dari perkotaan ke pedesaan dan sebaliknya. Untuk petanya bisa dilihat disini.Jenis kereta yang dipakai juga berbagai varian, yang terbaru dan tercepat adalah KTX (mirip Shinkansen kalo di Jepang, kecepatan up to 350km/h). Harga KTX termasuk yang paling mahal jika dibandingkan dengan tipe kereta lainnya : Mugunghwa, Saemaul, Coomuter, Nooriro dan ITX.Sebagai gambaran : dari Seoul – Jinhae (dekat Busan), kita harus melakukan transfer via Miryang atau Dongdaegu (Lihat gambar di bawah), dari Seoul – Miryang kita akan menggunakan KTX, akan berhenti di stasiun outdoordaerah Miryang, kita akan menunggu kereta jenis Saemaul menuju Jinhae πŸ™‚ (contoh tiket ada di photo atas).

    Cost : Seoul – Jinhae via KTX – Saemaul standard class : 47.500 KRW (400rb IDR, kurs 8,2) waktu tempuh sekitar 4 jam.

    Untuk melakukan reservasi bisa dilakukan 2 cara : pertama, book online via korail.com (web ada opsi english, dan pembayaran menggunakan kartu kredit, reservasi harap menggunakan nama sesuai Passport) nantinya kita akan mendapatkan e-ticket yang bisa di print, kemudian hasil print itu di tukar di loket counter di Seoul Station. Cara kedua adalah langsung dengan mesin e-ticketΒ  (photo atas-bagian kiri bawah).

    Spring Escape South Korea

Yoboseyooo μ—¬λ³΄μ„Έμš” …

Ini salah satu bagian yang ga kalah pentingnya, terutama buat mereka yang gila eksis πŸ˜€ Mitosnya negara maju sekelas Korea Selatan memiliki Wi-Fi dimana-mana, en yes betul! hampir di seluruh tempat publik terdapat wi-fi, namun sayangnya hampir semuanya juga protected wi-fi, yang betul-betul free bisa di test begitu landing di Incheon Airport. (Belum pernah coba menggunakan wifi di convience store like GS25, family mart, etc)

Sistem operatornya memiliki banyak perbedaan dengan negara kita, disana ga akan kita menjumpai kios-kios yang menjual sim card, karena Smartphone disana menggunakan sistem inject (HP dengan Simcard 1 operator yang tidak bisa diganti).

Nah soo gimana caranya supaya biar bisa tetep eksis tiap detik?

  1. Sewa Handphone!
    Di beberapa tempat seperti di Incheon Airport terdapat kios operator seluler yang menyediakan persewaan handphone. Tarif untuk sewa handphone rata-rata 3000 KRW/day (around 24rb IDR), tapi dengan menggunakan coupon promo bisa dipotong lagi 50%, yes its Diskonn! πŸ™‚
    print couponnya : provider SK Telkom atau olleh KT.Spoiler sedikit, mayoritas disana citizennya menggunakan gadget lirisan Samsung / LG / Apple, jadi jangan heran waktu mbak / mas penjaga counter kasih sewaan HP nya bukan merek BB πŸ™‚
  2. Bring your own SIM Card
    Kalau ga mau sewa handphone, masih ada alternatif kedua. Dari beberapa hasil survey ke operator punya Indonesia (XL, Three, Mentari, Indosat, dll), ada 1 yang mempunyai kerjasama dengan operator di Korea Selatan, yaitu milik Indosat. Indosat ada terdapat layanan blackberry (post / pre), ataupun flatrate internet unlimited.Untuk yang pre-paid per harinya 45.000IDR (max).Informasi selengkapnya untuk layanan Blackberry ada disini, untuk Pre-paid flatrate unlimited ada disini.#tips:
    – ada beberapa aplikasi yang masih kena charge (salah satunya whatsapp), solusi, gunakan voucher fisik 50rb dikalikan (jumlah hari stay disana), 1 hari pakai 1 voc fisik, guna mengontrol pemakaian pulsa :)NB : yang berhasil test hanya yang pre-paid flatrate, jadi kurang tau tentang blackberry servicenya.
  3. Buy Pre-paid Sim Card by KT Olleh.
    Masih ga cocok 2 cara diatas? setelah googling sana sini ternyata KT Olleh telah mengubah kebijakan tentang pembelian Pre-Paid Sim Card per January 2011. Jadi kita bisa mendapatkan sim card + layanan internet disana. Langsung ke kantor KT Olleh di Gwang Hwa Mun Square(ambil subway jalur ungu GwangHwaMun, ambil exit 2).Syarat standard yang perlu di siapkan : Passport, Smartphone yang udah di Unlock, nomor IMEI dan Serial Number, Cash $.$
    Cost : 5.500KRW untuk Sim Cardnya
    Top Up : mulai dari 2.000KRW
    Source : dari sini. (belum sempat di test so do it at your own risk) :p
  4. Wifi EGG (update April, 2014)
    Cara ini bisa buat pertimbangan yang ga mau repot sama cara-cara diatas :D. Wifi Egg semacam Hot spot portable, bentuknya kecil mirip powerbank, cara pakai cuma tinggal pencet power ON wifi Eggnya, lalu kita tinggal konek wifi smart phone kita ke wifi eggnya πŸ™‚ Soal harga bisa dibilang paling murah dari pilihan-pilihan di atas. Ada banyak penyedia rental Wifi Egg, berikut beberapa list nya
    – KT Olleh (8,000 KRW / day), Detail ada disini.
    – Mobile POP (8,000 KRW / day), Detail ada disini.
    – SK Roaming (8,000 KRW / day), Detail ada disini.
    – Wifi-korea.com (4 USD / day), Detail ada disini.

    #tips:
    – Wifi-korea ini yang sudah berhasil dicoba, dan yang paling murah πŸ˜€ very-very recommended, sudahberhasil di test selama di Seoul, Busan, Jeju. Untuk pemesanan langsung ke webnya (klik link ini). Masukkan biodata diri, pilih pickup date sesuai tanggal arrival kita, jumlah hari sewa, mau diantar (pickup) / dikembalikan (return) dimana.
    Untuk jenis pickup / returnnya ada beberapa pilihan, yang FREE bisa diambil di kantornya (dekat Gyeokbokgung station) atau misal kita ngga sempat untuk ke kantornya bisa juga pilih diantar ke hotel kita / 24h loket di incheon airport (kena additional charge $5).

    Pembayarannya menggunakan Paypal.com jadi dipastikan aman. dan ada yang namanya deposit fee ($100) yang nantinya akan dikembalikan via paypalΒ  ketika Wifi EGGnya sudah dipulangkan dalam keadaan utuh. πŸ˜€

    – Penting! sedia powerbank tambahan buat charge Wifi EGGnya, berdasarkan pengalaman umur Wifi EGG dari fully charged sampai merah sekitar 5 – 7 jam.
    *yoboseyo means Haallo, digunakan waktu menerima telepon πŸ˜‰

Spring Escape South Korea

Place to Sleep!

Selain masalah operator di atas, masalah “tidur-dimana?” ini juga perlu di rencanain sebelum touchdown kesana. Mitos lainnya berkata negara maju satu ini biaya lifestylenya serba mahal, termasuk untuk urusan tidur juga. Kalo boleh dibandingkan, jujur lebih mahal Singapore daripada Korea πŸ™‚

Nah kebiasaan kita, kalau bicara masalah budget untuk tidur biasanya prioritasnya ga jauh-jauh dari 2 kata : Gratis en Murah. Kalo tempat nginap gratis sekaligus mewah, cuma ada di Incheon Airport (untuk tips menginap dan bertahan hidup di airport, cukup banyak dan bisa di google sendiri) :D.

Korea Selatan salah satu negara yang memiliki Budget Hostel sebagai solusi untuk para budget traveler, dengan tetap mendapatkan kualitas numero uno. Versi yang paling murah untuk mencari penginapan adalah yang jenisnya Dormitory, satu kamar rame-rame, yes kita tidur with strangers tapi beda ranjang πŸ˜€ Dormitory pun biasanya ada yang khusus female sendiri, ada juga yang mixed up. Karena rame-rame otomatis kita juga harus tanggung jawab dengan barang bawaan kita. Biasa di dormitory terdapat locker untuk menyimpan barang berharga.

So far waktu itu sempat merasakan 4 hostel berbeda dengan tipe dormitory (di seoul, busan, jeju) : so far hostel disana tempatnya bersih, aman (cctv lengkap), dapat breakfast. Cost hostel sekitar 20000 – 30000 KRW (160rb – 250rb) lebih murah dibandingkan hostel di Singapore (250rb – 350rb).

Selain hostel kita juga bisa bermalam di Jjimjilbang (찜질방) sebutan untuk tempat sauna atau pemandian air panas. Costnya jauh lebih murah lagi daripada stay di hostel : 7000 – 12000 KRW (56rb-100rb) / day, open 24h, sesuai kantong dan pastinya dapet pengalaman baru πŸ˜‰

#tips:
– Website untuk book akomodasi : http://www.hostelworld.com (pembayarannya cuma 10% dari total payment, sisanya kita akan bayar tunai saat sudah sampai hostel. Akan dikenakan service charge sebesar 2$ setiap kali transaksi, jika tidak mau kena service chargenya, kita bisa upgrade account kita 10$/year)
– Gunakan hostelworld.com dengan down payment hanya 10% dari total payment, bisa digunakan untuk berkas pendukung saat apply visa (lebih detail tips visa, akan dibahas di blog terpisah) πŸ™‚
– Hostelworld.com menerima paypal (untuk selected hostel) dan CC.
– Bila berpergian dalam group, bisa coba sewa 1 ruang dormitory sendiri.

Say Kimchi!!

*Tau kan ya Kimchi? makanan tradisional disana, asinan sayur yang difermentasikan serta di beri bumbu spicy. Hampir semua makanan disana dilengkapi dengan Kimchi sebagai side dish (banchan 반찬) nya.

Di Korea, soal makanan bisa dibilang gampang-gampang susah. Susahnya masih banyak tempat makan yang tidak ada menu englishnya, bahkan worst case nya kadang malah ada yang no english no picture πŸ˜€ so prepare yourself.

Budget untuk proper meal berkisar antara 5000-10000 KRW (40rb-80rb IDR). Untuk street foodnya berkisar 1000-3000 KRW (8rb – 24rb). Mau versi yang lebih murah lagi? Bisa coba camilan samgak gimbap (삼각김λ°₯), ini sejenis nasi kepal onigiri, isinya ada yang spicy chicken, chicken with cheese, dll (lupa :p), bisa didapatkan di convience store (gs25 / family mart) harganya 800KRW (6.400 IDR).

Di beberapa tempat umum terdapat tap water (air dari kran) yang siap minum kadang masih ada yang berbau kaporit. Kalau ga mau, bisa beli air minum botol di convience store, harga 700 – 800 KRW (6000 IDR) lebih murah jika dibandingan dengan singapore yang perbotolnya bisa 1.5-1.8SGD (12000 IDR).

#tips:
– Bingung mau makan mana? Coba instal aplikasi Wingspoon – app korean language, bisa mencari informasi rumah makan / food stall terdekat yang recommended, disana juga lengkap ada photo-photonya, pencariannya pun ada fitur GPS, jadi termasuk user friendly untuk digunakan even oleh orang awam sekalipun. Download applikasinya untuk Android atau untuk Apple.

Spring Escape South Korea

Fiuhh oke, itu tadi cerita singkat tentang catatan perjalanan yang bisa di share. Intinya, spring escape kali ini berhasil totally lost, en tentunya nambah pengalaman yang bisa dibagi-bagi. Next Blog mungkin akan cerita dikit tentang pengalaman lost di Jinhae dan Jeju. Nolja!

PS : photo-photo di atas dari kameraHP + Instagram, album lengkapnya ada di sini.

new update : April, 2014
– Stay connect with Wifi EGG (dibagian Yoboseyooo)
– Prepaid sim card (in progress)

cheers,
– febryhadinata

Jeju Coming Soon

Advertisements

Written by Febry Hadinata

20 August 2012 at 04:13

32 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Salam kenal Mas Febry,

    Blogwalking dan nyasar kesini. Dan langsung ngefans sama tulisan dan foto-fotonya ;). Kereeeenn!!!
    Keep blogging ya.

    Ps: foto-fotonya bisa ditaro diFlickr juga loh Mas.

    – Viba –

    *yang diatas linknya salah :)*

    ViBa Rosfanty Taufan

    15 October 2012 at 01:15

    • Halo Viba, salken juga πŸ™‚
      flickr juga ada, tapi seringnya update di fb πŸ˜€
      btw, makasih dah nyasar ke sini, en ngefans ma tulisannya πŸ˜€

      *udah dihapus double commentnya πŸ˜€

      Febry Hadinata

      16 October 2012 at 11:00

  2. Aaaaakkkhhh tulisannya keren dan lengkap banget! Aduh beneran jadi pengen ke Korea tahun depan. Btw tips dapat cap visanya ditungguuuu~ ^^

    cK

    29 November 2012 at 07:19

  3. Blog walking , salam kenal.
    such a well written article πŸ™‚

  4. Korea Indonesia Agency itu ada linknya atau emailnya gak yaa mbak ? πŸ˜€

    Eliza

    19 February 2013 at 13:37

  5. Hi Mas Febry, thanks for sharing yaa..
    lengkap banget. tapi emang ke Korea itu ngejelimet.. saya berencana kesana tgl 4th-8th May 2013. mepet cuma 5 hari. kira2 bagusan busan atau jeju ya?thank you.

    Disty

    1 April 2013 at 21:19

    • kalo cuma 5 hari, saran sih Seoul mampir ke theme park Everland – Busan – Daegu.
      kalo mau ke Jeju bisa, tapi terlalu mepet kataku πŸ™‚
      Have fun ya.

      Febry Hadinata

      5 April 2013 at 16:22

  6. hi mas febry,,
    mau nanya nih kalo mau eksplor jeju solo trip enaknya ikut tour atau bisa jalan2 sendiri?
    bisa dibantu mas?

    tks

    rani

    4 September 2013 at 10:58

    • Hi rani, Jeju bisa di eksplore sendiri, disana ada local buss yg hampir menjangkau ujung kiri – ujung kanan jeju.

      Cuma kendalanya semua keterangan buss / ticket2nya bahasanya hangeul semua. Saranku kamu bikin list itinerary di jeju mo kemana aja, sesampainya di sana coba tanya sama staff hostel / hotelmu buat minta di coret2in rutenya in hangeul, jadi ntar di jeju bus station tinggal tunjukin ke penjaga loket (ini sukur-sukur ya kalo orang hostel / hotel bisa english, Amin)

      catatan :
      #1. Busnya disana super lama (30-45 menit).
      #2. Bayar busnya bisa pake T-Money yang udah beli di Seoul (kecuali pemberangkatan awal di bus station, sebut tujuan + langsung bayar cash aja)
      #3. Dulu T-Money cuma bisa di reload di Seoul, jadi kalo ada rencana ke luar Seoul usahakan di refill dulu T-Moneynya

      Kalo dah kesasar coba cari taxi, good luck πŸ™‚

      PS : barusan googling dapat ginian http://bus.jeju.go.kr/internet_eng/ semoga berguna

      Febry Hadinata

      7 March 2014 at 11:59

  7. so glad i found this blog!
    thanks a lot to Febry Hadinata, for sharing this complete information.
    Rencana mau backpacker ke Korea 10 hr pas musim semi , start from Jeju Island dan diakhiri dengan perjalanan ke Seoul .
    Cuma belom tau harus kemana dan gimana.. πŸ˜€
    Fighting!!

    Arlita

    23 September 2013 at 09:01

    • Hi, harus rajin googling cari-cari info.
      Untuk transportasi di Jeju bisa menggunakan bus, hampir semua pelosok jeju tercover. Tapi busnya super lama, bisa nunggu 30-45 menit karena ga sesering yang di Seoul.
      Saran kalo di Jeju mending sewa motor biar lebih fleksibel bisa kemana-mananya, syarat sewanya harus ada SIM international (ngurus di Jakarta). ini web sewanya http://www.jejubike.co.kr/eng/rental/rate.html

      Good luck and have fun disana.

      Febry Hadinata

      7 March 2014 at 11:36

  8. Salam kenal, saya suka dengan gaya menulis dan poto-nya. Btw, ngedit poto-nya pake apa? ^_^

    Rani - Chan

    26 February 2014 at 15:14

    • Terima kasih, Edit photo yg kotak-kotak pake instagram, trs dijahit lagi di photoshop πŸ™‚

      Febry Hadinata

      7 March 2014 at 11:20

  9. mas febri.
    beli tiket busan-jeju (pp), dimana? secara online ato beli di busan langsung? info dong..

    din

    7 April 2014 at 12:40

    • Busan – Jeju bisa langsung pesan di jejuair.net, dikanan atas ada opsi buat ubah bahasa ke English.
      Pembayarannya menggunakan CC (kartu kredit), dan untuk pesannya harus menggunakan browser Internet Explorer :”D

      Febry Hadinata

      7 April 2014 at 12:46

  10. Informasi yang sangat membantu, tksh Febry GBU

    Lientje

    15 April 2014 at 11:05

  11. Hi febri, mau nanya nih rencananya juni ini mau ke busan. Kalo dari busan ke jeju enaknya naik apa ya? Kalo pake domestic airlanes kira kira berapaan kalo di rupiahin? Trus di jeju hostel – hostelnya berapaan ya? Thakyou febri

    Zuppperrr informatif blognya! Keep blogging!

    Vania

    16 April 2014 at 18:57

    • Busan ke Jeju bisa coba prebook di jejuair.net (pilih language yang English), soal harga tergantung hoki, mau murah harus pesan jauh-jauh hari / pilih yg keberangkatannya selasa / rabu / kamis.
      Ilustrasi, Busan – Jeju one way versi murah bisa sekitar 31.000 KRW (1KRW = 11.5an) = 356.000 rupiah, versi mahal bisa 65.100 KRW (748.000 rupiah), jadi tipsku mending pas-pas’in tanggal dan jamnya.

      Kalo di Jeju dulu aku hostel dapet di Greenday Guesthouse (6-bed-dormitory 232rb / night, Jeju City). Barusan cek juga ada U&I Guesthouse (6-bed-female-dormitory) 223rb / night, dll. Lebih lengkap cek di hostelworld.com ya, di sort berdasarkan Overall Rating πŸ™‚

      Febry Hadinata

      25 April 2014 at 17:23

  12. mas, nama hostelnya apa yah?bingung nih..yang budget backpacker tentunya

    dian

    24 April 2014 at 17:09

    • Hostel yg mana ya?

      Coba cari di Hostelworld.com ya : Countrynya set South Korea, Citynya set ke tempat tujuan (Seoul / Busan / Daegu / Jeju / dll) masukin tanggal + mau berapa lama menginap + jumlah orang.

      Febry Hadinata

      25 April 2014 at 17:29

  13. Aku masih bingung sama wifi korea gmn cara nya 😦 soalnya aku mau kesana bantu aku bisaa

    Destiya

    1 May 2014 at 11:35

    • bingung dimananya ya? kita cuma perlu sewa Wifi Eggnya dari wifi-korea.com, tinggal isi form yang sudah disediakan. Nanti keluar total uang yang harus dibayar pake paypal.
      Nah nanti hari Hnya Wifi Eggnya bisa kamu ambil sendiri di kantornya atau kalo ga sempat bisa minta diantar ke hotel tempat kamu stay.

      Febry Hadinata

      2 May 2014 at 13:40

  14. Salam kenas mas Febri bagus info ttg koreanya btw kami baru akan ke korea awal september 2014 dimana tempat nginap yg murah di BusandanSeoul mas…. trims

    haryati

    14 August 2014 at 09:53

    • untuk penginapan murah, kalo rame2 bisa pesan di hostelworld.com, pesen 1 ruangan sendiri, ato bisa juga cek di airbnb.com.

      Rata-rata penginapan di korsel murah en bersih… Tinggal lihat harga, lihat photo, cocok trs booking. Have fun πŸ™‚

      Febry Hadinata

      14 August 2014 at 09:57

  15. Salam kenal mas.
    keren nie cerita’y lengkap.
    oh iya mau tanya nie, kalo kita mau k pulau jeju itu hotel tempat menginap harus kita pesan dulu atau nanti saja ketika sudah berada d seoul.
    Trims.

    Mone Kim Lupin

    6 October 2014 at 08:27

    • Bisa di pesan dulu, buat menghindari full booked waktu high season πŸ™‚

      Febry Hadinata

      9 October 2014 at 22:43

  16. Halo, need info kalau kita sudah pesan hotel di korea dan mau menginap disana apakah kita harus membayar deposit fee nya juga? Kira-kira kisaran nominalnya berapa yah? Jaga-jaga takut bawa won pas-pasan. Kalau uangnya dipakai untuk deposit fee hotel jadi ga bisa belanja….

    Juvent

    3 January 2015 at 17:09

    • Halo, aku dulu nginap di hostel (via hostelworld.com) seingatku cuma diminta photokopi passport, yang kedua via airbnb.com / agoda.com tanpa deposit fee, tanpa photokopi passport juga, cukup tunjukkan email konfirmasi πŸ™‚
      Kalo di hotel, semisal ada kayanya mungkin sekitar 20.000 – 30.000 krw

      Kalo uang saranku bawa aja 2 mata uang, KRW dan USD, untuk tukar yang ratenya bagus bisa di pusat2 perbelanjaan seperti myeongdong.
      USD yang lebih / ga dipakai bisa disimpan / di rupiahkah lagi… nilainya masih kuat dibanding tukar kelebihan KRW..

      Febry Hadinata

      5 January 2015 at 16:39

  17. […] jawaban salah duanya sudah pasti kisah di Jinhae 2 tahun lalu, masih sepaket kisah perjalanan Let’s get lost in south korea. Moment 2 hari 1 malam di sebuah kota kecil berjarak ribuan km dari ruang nyaman kosku […]

  18. Hi Febry mo nanya donk itinerary gw ga jadi2 nih 😦 mo brangkat April ini. gw bingung sama directionnya. misal dari Guest House ke Seoul Tower cthnya. gmana ya caranya biar gampang nyusun directionnya ?? trus kalo dr Seoul ke Busan pake KTX itu kita naiknya dr yg Seoul Station kan ? help meeeee 😦

    Shindy

    1 March 2015 at 09:25

  19. halo kami menyewakan portable wifi khusus di korea, kontak us ya : 085781700289 atau email aja ke : ayu.mursalina@gmail.com thank you

    ihda ayu mursalina

    4 January 2016 at 12:05

  20. keren nih postingannya dari awal penjelasannya sangat mendetail, jadi lebih tau korea selatan, sip,,, sukses ya buat penulis.

    Khalidah Khairina

    24 September 2016 at 17:28


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: