Febry Hadinata Wordpress

Apply visa ke Korea Selatan

with 199 comments


Apply Visa South Korea

Di blog sebelumnya sudah sempet mention mau bahas tips-tips buat apply visa ke korea, well tulnya si mbah Google sudah banyak cerita cara-caranya, mulai dari cara instant sampe cara ribet yang bikin ngelus dada. Tapi ga ada salahnya juga untuk well prepared baca dari sumber sana-sini. Makin banyak persiapan makin pantang visa kita ditolak, ya ga? πŸ™‚

Nah buat yang belum pada tahu, Korea Selatan mewajibkan setiap pendatang dari negara-negara tertentu yang hendak memasuki negaranya menggunakan Visa. Gunanya untuk menjamin pendatang yang datang untuk tujuan berlibur nantinya HARUS pulang ke negaranya masing-masing, tanpa harus menjadi imigran gelap. Bentuknya nanti berupa sticker yang akan ditempellkan di passport kita, dan ya apesnya negara kita butuh sticker ajaib ini untuk bisa bertandang ke korea selatan.

Update terbarunya per january 2014 Korea Selatan memberlakukan bebas visa untuk 100 negara! tapi teteup ga ada nama negara kita. haha #ketawa-getir :D. (sumber : hikorea.go.kr), pssstt.. denger-denger Indonesia sedang dalam proses pengajuan bebas visa keluar masuk Korea Selatan, well, let see semoga bukan kentut surga :p

Ok, to the point

Sebetulnya ada banyak jenis-jenis visa untuk melakukan kunjungan ke Korea Selatan, seperti Visa kunjungan keluarga, Visa berobat, Visa bisnis, dan Visa kunjungan wisata. Nah, dari sekian banyak jenis visa ini, kita akan bahas yg terakhir, Visa Kunjungan Wisata alias liburan.

Berikut adalah persyaratan dokumen untuk pengajuan visa kunjungan wisata (sebagai bahan contek’an bisa dilihat di link ini) :

  1. Passport Asli dan Fotokopi Passport
    Pastikan passport yang di submit masih berlaku sampai 6 bulan kedepan. Selain passport asli juga jangan lupa fotokopian bagian halaman identitas beserta bagain cap negara-negara yang telah dikunjungi.
  2. Formulir Aplikasi Visa
    Penting! Sertakan juga passphoto berwarna dengan latar belakang putih + pakaian rapi, cetak dengan ukuran 3.5cm x 4.5cm, untuk ditempel di formulir dan ukuran 4×6 cm untuk jaga-jaga kalau diminta.
    Formulirnya bisa di unduh disini (PDF) / (Doc).
  3. Kartu Keluarga
    Atau dokumen lain yang dapat membuktikan hubungan kekeluargaan (bentuk fotokopian)
  4. Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja
    Buat yang nasibnya sama, as karyawan kita bisa ask ke HRD untuk surat keterangan kerja. Biasanya HRD sudah ada formatnya, tinggal kita beri tahu tanggal berangkat plus pulang kita (dalam format bahasa inggris). Kalau kantornya ga ada HRD bisa coba ketik sendiri, formatnya seperti ini, lalu minta bos untuk tanda tangan di bagian bawah.
    Untuk yang bekerja sendiri bisa disertakan SIUPnya.
  5. Surat Keterangan Mahasiswa/Pelajar
    Nah, bagi yang masih mahasiswa / pelajar bisa melampirkan surat keterangan mahasiswa dan bukti keuangan orang tua (as sponsor), bisa minta ke pihak dekanat, tujuannya untuk memastikan bahwa kita masih mahasiwa di universitas itu, dan bukan untuk mencari kerja. Untuk yang ini masih kurang tau tips2nya, maklum sudah bukan mahasiswa lagi :”>
  6. Fotokopi Akta Kelahiran
    Tidak disebutkan di webnya, tapi biasanya diminta.
  7. Fotokopi e-Ticket Pesawat
    Untuk meyakinkan pihak kedutaan, kita juga bisa menyertakan bukti print e-tiket pesawat pulang pergi.
  8. Fotokopi e-Ticket Akomodasi
    Sama layaknya tiket pesawat, kita juga bisa menyertakan e-ticket akomodasi hotel selama disana.
    #tips: nah bedanya kalau tiket pesawat kita bayar 100%, dan katakanlah *amit2* visa ga keluar, maka uang tiket pesawat akan hangus. Nah biar nasibnya ga sama kamu bisa book hotel dengan DP 10% dulu, caranya cari dan pesan di hostelworld.com. Cari hostel yang murah, sesuai budget, kemudian bayar 10%nya via paypal / CC. Nanti akan di berikan konfirmasi emailnya.
  9. Itinerary Selama di Korea
    Ini bisa disertakan, buat serinci mungkin, termasuk cost damage dari hari pertama sampai kita berpulang, dan totalnya. Sebagai referensi bisa coba cek disini (versi febryhadinata)
  10. Fotokopi Bukti Keuangan
    Pilih salah satu dari list dibawah ini (tapi mau submit lebih dari satu juga boleh)
  • 10.1 Surat Pajak Tahunan (SPT PPH-21) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    Nah ini karyawan yang nasib-nasib pajaknya sudah diatur sedemikian rupa oleh HRD bisa berbangga hati mamerin lembar F4nya (SPT No 1770 / 1770SS), cukup sertakan fotokopiannya.
  • 10.2 Surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang dikeluarkan oleh Dirjen Pajak RI
    Mungkin teman-teman yang lain bisa menambahkan informasi untuk satu ini
    .
  • 10.3 Rekening koran tabungan 3 bulan terakhir dan surat referensi bank
    Ini point paling crucial dan yang mengundang banyak sesi tanya-jawab-sekaligus-curhat di bagian comment nanyain berapa batas aman jumlah saldo rekening. Point ini akan bahas di bawah ya, karena point + tips + mitos yg harus diperhatikan cukup banyak.
  • 10.4 Slip gaji atau bukti tunjangan pensiun
    Sertakan fotokopi slip gaji 3 bulan terakhir dari perusahaan, bisa minta ke bagian finance di kantor.
  • 10.5 Surat keterangan pemegang program jamsostek
    Fotokopi kartu jamsostek apabila ada.
  • 10.6 Surat keterangan dan copy kartu membership golf
    Bisa disertakan apabila ada.
  • 10.7 Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5
    Bisa disertakan apabila ada.

Rekening koran dan surat referensi bank

Nah mari kita bahas poin 10.3 disini. Seperti udah di tulis di atas, ini point paling crucial terutama buat budget-traveler yang berangkat tanpa sponsor. Buat yang belum tau, rekening koran yang dimaksud itu BUKAN tagihan bulanan media cetak macam jawapos / kompas. Rekening koran dalam hal ini adalah laporan yang diberikan bank setiap bulan kepada nasabahnya, yes bukti history debit kredit saldo kita dan yang diminta adalah 3 bulan terakhir (terhitung dari H-3 bulan disaat kita mau mengajukan visa).

Cara membuat rekening koran-nya? cukup datang ke bank KCU tempat kita membuka rekening serahkan KTP + Buku Tabungan + ATM. Kalau yang nasibnya perantauan dan jauh dari KCU tempat buka rekening, biasanya ga bisa bikin. Tapi masih bisa diakalin dengan nge-print buku tabungan di KCU terdekat + minta legalisir (biayanya kalo ga salah 50.000). Buat yang ga mau repot bisa juga nge-print history inet banking kita πŸ˜€ (tidak disarankan, tapi nothing to lose juga kan ya haha) *evil-grin

Untuk surat referensi bank, sama juga prosesnya, tinggal say hi ke mbak / mas CSnya kemudian bilang minta dibuatkan surat referensi bank untuk keperluan visa, nanti akan ditanyai untuk kedutaan mana, dan perlu dicantumkan apa tidak nominalnya. Biayanya 50.000 rupiah dan prosesnya sekitar 2 – 3 hari kerja. Untuk yang lagi-lagi nasibnya sama perantauan dan sedang diluar kota / pulau, bisa coba telpon ke KCU tempat membuka rekening kita dan tanya apakah bisa diurus dari KCU cabang terdekat. Ini ceritanya bank BCA ya, kalo bank lain bisa coba tanya mbah google πŸ™‚

Disarankan membuat dua surat diatas waktu jumlah saldo di rekeningnya pas lagi seksi-seksinya, ga ada ukuran pasti berapa nominal yang diwajibkan agar bisa keterima.Β  Ada yang 50jt, tapi di tolak, ada juga yang 15jt tapi diterima, hanya orang kedubes dan Tuhan yang tau. Intinya selain isi kantong rekening beberapa dokumen pendukung lainnya juga ikut menentukan nasib sticker visa kita πŸ™‚

Oh ya, perlu dicatat pihak kedutaan bukan kepo tentang finansial kita, mereka cuma mau make sure tabungan kita cukup untuk biaya hidup selama disana, bukan untuk jadi imigran-gelap kerja cari duid apalagi sampai meresahkan warga sana minta-minta makan.

Apply Visa South Korea

Apply kapan dan dimana?

Umur visa kunjungan wisata itu 90 hari sejak diterbitkan, saranku apply H-1 bulan sebelum keberangkatan. Jangan terlalu mepet, karena proses pembuatan visa sendiri 5 – 7 hari kerja tidak terhitung sabtu dan minggu.

Dan disarankan mulai atur-atur strategi sejak H-4 bulan dari tanggal berangkat. Mulai dari dokumen pelengkap ini itu sampai juga rencana menghias history rekening saldo 3 bulan terakhir nantinya harus ada berapa. Usahakan angka-angka di rekening dalam keadaan rapi (tidak ada pemasukan mendadakan di minggu-minggu terakhir, semata-mata hanya untuk menebalkan rekening), indikatornya semakin banyak jumlahnya semakin besar kemungkinan dapet sticker visa nya πŸ™‚

Untuk tempat mengurusnya? yang tinggal di Jakarta bisa langsung ke kedutaan Korea alamatnya ada di “Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta Selatan 12950” (sumber). Biayanya per 1 January 2014 untuk Single Visa (kunjungan di bawah 90 hari) : Rp. 480.000,-. Jam penyerahan berkas 09:00 – 12:00. Sedangkan untuk pengambilannya jam 13:30 – 16:30.

Buat yang di luar kota / pulau bisa juga pake tour and travel, sebagai referensi yang aku tau jasa tour&travel Pan**ama Tours, jasa pembuatan visanya untuk yang kunjungan di bawah 90 hari, cukup merogoh kocek Rp. 652.000,- (per Maret 2014), bikin si dompet tipis beberapa mili.

Selisih 170.000,- dengan mengurus sendiri, tapi masih better daripada harus bolak balik ke Jakarta :p

Takut ditolak…

Ini dua kata maut yang paling sering aku denger, mirip kala cowo pertama kali mo nembak cewe, drama abis πŸ˜€ itu wajar! Sudah uang di buku rekening cuma 7 digit, stempel liburan di passport cuma ada 1 – 2 biji, ditambah lagi hasutan-hasutan setan mbah google yang bilang kata si A tabungan harus 12 digit, minimal 50 juta, stempel di passport harus minimal 8 lembar bolak balik lho. En masih banyak adegan sinetron lainnya.

Tapi untungnya itu cuma Mitos, dulu aku juga sempet harap-harap cemas cari info satu ini, banyak variable yang bisa membuat si A lolos, atau si B ga lolos. Aku sendiri dulu berbekal history tabungan yang lebih kecil dari 50 juta (via Tour & Travel), dan tjap stempel visa cuma 1x Singapore, juga akhirnya lolos! So daripada galau ga jelas, mending kamu lengkapin semua syarat dokumen di atas.

Oke sekian penjelasan untuk apply visa. Sekedar tips, untuk kelancaran mengumpulkan berkas A – Z, kamu bisa menggunakan Excel untuk panduan dokumen mana aja yang sudah dikumpul, atau kapan harus mulai diurus. Contoh bisa dilihat disini.

Cheers,
Febry Hadinata

Apply Visa South Korea

Jinhae

Advertisements

Written by Febry Hadinata

26 June 2014 at 00:28

199 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Yang bikin bingung adalah:
    10.7 Surat keterangan dan copy kartu membership hotel bintang 5
    Bisa disertakan apabila ada.

    Saya punya copy nya.. Tapi surat keterangannya minta kemana?? πŸ™‚

    annedarmawan

    20 October 2014 at 03:42

    • hmm not sure juga sebetulnya, tapi mungkin bisa coba minta ke pihak hotelnya, lebih lanjut tanya ke bagian CSnya πŸ˜€

      Febry Hadinata

      28 October 2014 at 22:49

  2. maaf mau tanya.. kl udah bukan mahasiswi trs blm kerja juga gimana?mohon dijawab.. makasih 😊

    ayu

    22 October 2014 at 11:58

    • biasanya cukup sertakan surat sponsor dari orang tua, formatnya bisa di googling. Kalau masih kurang yakin bisa konsultasi sama pihak kedubes / travel agent tempat apply visa.
      gut luk πŸ™‚

      Febry Hadinata

      28 October 2014 at 22:46

  3. permisi mau tanya..kalo buat mahasiswa/pelajara untuk bukti keuangan mencantumkan punya sendiri atau orang tua ya?

    nadia

    12 November 2014 at 21:44

    • mahasiswa / pelajar bisa cantumin rekening koran punya orang tua as sponsor πŸ™‚

      Febry Hadinata

      19 November 2014 at 15:17

  4. Hah.. minggu lalu pun saya apply visa. DAN… Ditolak! Padahal semua dokumen yg diperlukan sdh lengkap. 😦 kaget bangetttt secara udah beli tiket dari bbrp bulan sebelumnya (korban tiket promo). Emang sih di pasport blm prnh melakukan trip luarnegeri (mungkin itu sebab ditolaknya) tapi ya sudahlah… saya ikhlaskan tiket promo dan kapok kapok kapok 😦 😦 😦 huhuhuhu

    Dita

    17 November 2014 at 17:10

    • turut sedih buat nasib visanya 😦
      memang selalu ada parameter “Random” waktu proses approval visa. dan yang tau biasanya cuma pihak kedubes.

      Febry Hadinata

      19 November 2014 at 15:42

      • Waduh jika kita tidak dapet tiket promo tp visa kita ditolak berarti rugi besar dong???

        Made

        26 November 2014 at 07:49

      • @Made : iya rugi harga tiket, tapi dibayar lah sama pengalaman apply visa πŸ˜€

        Febry Hadinata

        9 December 2014 at 21:50

    • Pertama…. saya ikut berduka cita ya mbak

      Waduh gimana ini saya jadi takut. Paspor saya juga masih polosan, belum pernah ke luar negeri.
      Saya juga korban tiket promo udah beli dari mei 2014 buat keberangkatan 2015 😦

      • hi Winda yang lagi takut πŸ˜€ Temen-temen juga ada yang apply modal passport kosong juga berakhir happy ending πŸ™‚ Dapet sticker passport + liburan disana πŸ˜€ lengkapin aja dokumen2nya en banyak beramal πŸ˜€
        gut luk πŸ™‚

        Febry Hadinata

        9 December 2014 at 21:52

    • Kl blh tau kpn brgktnya? Soalnya g jg ditolak td pdhal uda dr dua minggu.. rencannya mo ngajuin lg senin cm uda kepepet tgl brgkt 26 des 2014, tau d bsa pa ga..

      acel

      19 December 2014 at 22:54

  5. maaf mau tanya

    Kalau nama 1 kata doang (paspor dan ktp sama), itu akan jd masalah ga ya utk pengajuan visa?

    Di form aplikasi visa nya ada kolom “surname” dan “given name”.
    Cara isinya yang benar gmn ya?

    Apa aku kosongin kolom “surname” dan isi Eva di “given name” nya aja ya?
    atau seperti di tiket, “surname” = “given name” = eva

    thanks

    Eva

    9 December 2014 at 21:02

    • Hi Eva,
      well actually with one given name should be ok kalo cuma untuk ke korsel, lain ceritanya kalo kayak ke Dubai πŸ™‚

      Kalo di form ikuti aja seperti versi passportnya harusnya (di passport ada first name / last name).
      Kalo misal di passport cuma ada Eva as first name, bisa masukin ke Given Name : Eva, Surnamenya kosongin aja dulu.
      Nah, lebih pastinya bisa tanya ke kedubes / travel agent saat mau submit document untuk diisi Eva / dikosongin. Gut luck.

      Febry Hadinata

      9 December 2014 at 21:46

      • ternyata benar nama 1 kata tidak dipermasalahkan oleh kudutaan korea.
        Nama ku 3 huruf aja juga bisa lolos heheheh…

        kesimpulannya, untuk form nya tinggal diisi di given name, surnamenya dikosongkan saja.

        Eva

        31 December 2014 at 21:03

      • thanks Eva udah share hasil updatenya.
        met jalan-jalan, ditunggu oleh2 ceritanya πŸ™‚

        Febry Hadinata

        2 January 2015 at 12:21

  6. mas febry, mau tanya.. kalo misalnya mau kesana tapi ga booking hotel dengan alasan ada tempat tinggal teman selama disana, kira2 harus bagaimana ya?? misalkan sebelumnya sudah pernah ke korea selatan, apakah next trip, visanya bakal pasti diterima?

    thanks πŸ™‚

    silvi

    11 December 2014 at 16:01

    • Setauku kalo ikut tempat tinggal teman selama disana, biasanya dimintain surat sponsor dari teman yang disananya..

      #tips: alternatif lain, tempat tinggal untuk apply visa, bisa coba book pake hostelworld.com biasanya bayar cuma 10% dari total menginap (+1$ for protect cancellation fee), print out e-ticketnya dan submit. Kalau visa sudah diterima, yang di hostelworld bisa di cancel dan total refund (kecuali 1$nya).. jadi paling cuma total rugi gak sampai 100 ribu rupiah.
      atau bisa juga booking.com, tanpa booking fee..

      Pengalaman re-apply visa kedua ke korea ga setegang yang pertama, bisa dibilang 95% keterima, asal dokumen lengkap. Gut luck.

      Febry Hadinata

      11 December 2014 at 21:37

  7. sharing pengalaman aja…aku lagi pusing karna hari ini visa koreaku ditolak, Padahal aku pernah ke korea, ada visa amerika, pernah ke taipei 2x, mutasi rekening yang dipake juga yang memang standar usahaku dan selalu kupake buat apply visa2 sebelumnya dan ga pernah masalah…
    Aku direjectnya bareng kakakku yang juga pernah ke taipei, pernah ke australia dan ke eropa timur. Mutasi rekening kakakku saldo selalu diatas 50 juta dan aktif.. Pusing kan? Ketika mereka reject, mereka ga kasih kita kesempatan buat banding, dan ga jelasin alasan kenapa kita reject.. Padahal taun lalu pas aku apply visa korea, semuanya serba limited…tabunganku ga sebagus yang sekarang (usaha jauh lebih maju)…. Bingung kan? Rasanya pingin bom tuh negara…Uang tiket garuda PP @ 5.5 juta total 11 juta melayang sia-sia

    Kristian

    13 December 2014 at 01:12

    • iya, itu emang teka-teki pihak kedubes.. selalu ada parameter “random” yang memang ga bisa di publish ke kita. kalo kata temen, salah satu faktor “random” itu bisa jadi ada masalah intern negaranya yang lagi membatasi jumlah turis masuk atau issue keamanan dll …

      jadi biarlah tetap misteri, turut berduka buat 11nya. Anyway, thanks sudah sharing bro …

      Febry Hadinata

      15 December 2014 at 21:54

    • Helo christian..mau nanya nih..kaya nya kamu pengusaha ya? Alesan visa nya ditolak ga kasih tau jg?
      Aku ini jg pengusaha biasa sih..
      Cuman bisa kasih tau ga tips” nya dr penolakan visa yg kamu udah apply kemaren..menurut analisimu knp?
      Soalnya aku posisinya kaya kamu jg..
      Thanks

      Roy

      24 December 2014 at 00:17

  8. Hi mas febri,

    Aku mau konsultasi nih.
    Kalau aku sempat perpanjang paspor awal thn ini, tapi masalah nya paspor lama ku ga dibalikin sama imigrasi, aku nya jg kelupaan minta kembali. Di paspor lama ku hanya cap singapore dan malaysia doang.

    Apakah paspor lama itu kudu wajib dilampirkan ya?

    Ngisi negara yg perna dikunjungi, sebaiknya dikosongin atau tetap isi sesuai paspor lama sedangkan aku ga punya fotocopy halaman capnya.

    Thx.

    Eva

    15 December 2014 at 15:45

    • Halo,
      Hasil googling sana-sini : katanya “wajib” dilampirkan.
      Jadi bisa coba kembali ke imigrasinya en minta passport lamanya, kalau tidak boleh, bisa bilang untuk alasan pengajuan visa, diharuskan menyertakan passport lama.

      But, buat make sure lagi sebelum balik ke imigrasi, bisa telpon ke pihak kedubes korea ya buat lebih yakinnya apakah tjap passpor lama perlu dilampirkan / tidak πŸ™‚

      Gut luk.

      Febry Hadinata

      15 December 2014 at 21:59

      • Hii..
        thanks atas bantuannya tempo hari ya…

        aku mau sharing sedikit,
        Visa ku approved, walau kemarin aku tidak bisa melampirkan paspor lama, karena memang tidak dikembalikan waktu perpanjang.

        Utk temen2 yang mengalami kondisi seperti ku bisa sedikit bernapas lega πŸ™‚

        Eva

        31 December 2014 at 21:00

  9. hai mba febry mau tanya saldo minimal mengendap harus berapa saya mgkn rek nya aktif kareana ada dana kantor yang masuk dan kluar cuma saldo akhir pasti kecil bisa di bilang d bwah 5 juta, tapi nanti saya ada rencana ada uang masuk untuk khusus liburan saya ke korea yang jd pertanyaan apakah tidak masalah ada dana masuk pada saat mendekati pengajuan visa? apa tidak masalah saldo mengendap nya d bwah 5 jt?

    imelda

    16 December 2014 at 15:10

    • sorry aku salah manggil harusnya mas febry…hehehe

      imelda

      16 December 2014 at 15:17

      • Sebaiknya sih rekening koran 3 bulan terakhir di “design” cantik sedemikian rupa, artinya jangan ada dana besar keluar – masuk mendadak πŸ™‚
        dan kalau bisa dana di rekening selalu lebih besar dari damage-cost yang tercantum di itinerary selama di korea

        intinya, cuma per’cantik’ rekening koran 3 bulan terakhir..
        gut luk.

        Febry Hadinata

        31 December 2014 at 00:35

  10. baca postingan ini aja udah bikin tangan gemetaran, apalagi bikin visa didunia nyata…amsyong…..

    gusmainikr

    30 December 2014 at 15:54

  11. Mas Febry.. Ada planning k korsel lagi gak???, kalo iya email aku ya.. Biar kita bareng ke sana. Atau mungkin tmn” yg laen juga mau bareng mungkin.

    idhadj@yahoo.co.id
    768F4B98

    Vania Vanilla

    2 January 2015 at 11:37

  12. Halo mas febry salam kenal,
    Kebetulan saya sedang cari info pembuatan visa korea dan menemukan halaman blog ini.
    Saya ada rencana solo backpacker ke korea oktober 2015 ini,tiket sudah dibooking karna coba cari yg promo.Paspor saya yang jenis 24 halaman,dan cap pertama luar negri saya adalah untuk kunjungan singapura februari besok.untuk saat ini saya sudah bekerja di sebuah perusahaan swasta dan sudah menjadi karyawan tetap.cukup deg2an juga untuk visa dengan jalan sendirian berbekal paspor 24 halaman..
    Mungkin ada saran atau pengalaman yang bisa disharing..terima kasih banyak πŸ™‚

    Widyastuti Utami

    3 January 2015 at 11:12

    • hai mb widyastuti.. aq boleh ikut trip backpaker solo k korea nya.. aq juga intip2 blog nya mas feby buar prepare..
      buat shareing 748f9055 pin aq
      makasi

      ani setiani

      5 January 2015 at 16:13

    • Hi mba Widya, salken juga πŸ™‚
      Passport 24 / 48 hal setauku ga ada efeknya, dulu juga sempat waktu apply yang pertama kali, passportku yang 48hal, iya tebel tapi sayang isinya cuma 2x cap spore di halaman pertama πŸ˜€
      Iya pas itu juga traveling sendirian, tanpa ikut travel manapun πŸ™‚ deg2an? itu wajar, kayak sudah ditulis diatas, tapi tinggal lengkapin aja dokumennya, makin lengkap makin minim deg2annya πŸ™‚

      Well yang sesama karyawan perusahaan swasta, tinggal ikutin aja seperti diatas : fotokopi NPWP, SPT tahun 2015 (yang form no 1770 / SS), foto kopian jamsostek, rekening koran bank 3 bulan terakhir, surat referensi bank, slip gaji 3 bulan terakhir, kartu nama dll.

      Febry Hadinata

      5 January 2015 at 16:27

      • Wah terima kasih banyak mas untuk sarannya.sangat membantu..semoga trip saya nanti bisa berjalan dengan lancar.keep sharing mas! πŸ™‚

        Widyastuti Utami

        18 January 2015 at 19:50

      • Maaf mau kasih info, kalo paspor 24 halaman kata imigrasi hanya bisa ke singapore, malaysia atau asia yang deket… Kalau mau Amerika, Eropa dan Korea bakal di tolak. kemaren aku abis perpanjang paspor dan dikasih tau gitu, tadinya mau ngirit bikin 24 halaman aja, ternyata begitu :(, semoga bermanfaat.

        Rany

        26 October 2015 at 22:46

      • to Rany, mungkin ini bisa lebih bermanfaat ^_^

        Banyak rumor yang mengatakan bahwa paspor 24 halaman di persulit oleh Imigrasi Luar Negeri, dan berikut ini pengalaman kawan kawan BD’ers yang dirangkum oleh Rama Ruskian Kawannya paspor 24 hal dan mendapat visa jepang Berlima ke Singapura pakai paspor 24 hal, ga masalah tuh Temannya di Imigrasi LN lancar, tapi di Imigrasi dalam negeri malah ditakut-takutin Kedubes Amerika tidak mempermasalahkan paspor 24 halaman Imigrasi Thailand, Malaysia, Filipina ga mempermasalahkan tuh Tidak ada masalah sama sekali apalagi diskriminasi dari petugas imigrasi. Bikin visa Jerman dengan paspor 24 halaman Paspor 24 halaman lancar digunakan di USA dan Jepang Paspor 24 halaman digunakan untuk Umroh Residence Permit 1 tahun di Finlandia Ke Perancis dan Belanda lancar

        Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/rizky/paspor-24-halaman-minim-sosialisasi_56830867d37a61690e83ec35

        Pengalaman gue sendiri dgn paspor 24 hal, alhamdulillah pertama dipakai buat umroh, lalu singapore+malaysia. Inshaa Allah Desember nanti gue ke Korsel.

        Wkt dulu buat memang sy debat jg dengan pegawai imigrasi, bahkan yg heran n bertanya2 gak cuma pegawai imigrasi, saat gue bayar ke BNI pun tellernya sempat celetuk “emangnya 24 hal bisa buat umroh? Bukannya tuk TKI aja?” Pas sy bantu keponakan bikin paspor, sy debat lg, padahal itu kantor imigrasi yg sama dengan yg gue buat dl.

        Tp memang buat jaga2, gue udah bawa print-an Undang2 tentang persamaan derajat antara 24 & 48 hal

        Syah Andi

        10 June 2016 at 09:43

    • Haloo mba, mau pergi oktober? Saya juga sama. Saya pergi berdua dengan teman perempuan saya. Mungkin kita bisa have fun bareng πŸ™‚

      Annisa

      23 April 2015 at 21:27

  13. hai ko, mau tanya untuk yg berstatus freelance gmn y? kan ga da surat keterangan kerja, slip gaji dan SIUP

    Lucy Liu

    12 January 2015 at 18:10

    • Hi, iya para freelancer yang belum punya SIUP / slip gaji bisa coba-coba pake surat sponsor dari orang tua dan rekening koran (cetak buku) punya orang tua juga..

      Gut luk.

      Febry Hadinata

      12 January 2015 at 22:13

      • Hi mas, bila freelancer apakah harus memberikan spt jg? thank you

        Anya Nasthya

        21 April 2016 at 07:21

  14. Hi Mas Febry, mantep banget artikelnya. Ada beberapa pertanyaan nih:

    1. Misalnya dibilang saldo rekening 3 bulan terakhir harus 30 juta. Itu artinya 30 juta per bulan (3 bulan x 30 juta = 90 juta) atau kumulatif 3 bulan terakhir yang harus mencapai 30 juta (3 bulan x 10 juta = 30 juta)?

    2. SPT Tahunan, apakah ada syarat minimal penghasilan bruto? Atau SPT cuma sebagai prasyarat aja?

    Thanks πŸ™‚

    Winda

    15 January 2015 at 19:04

    • Hi thanks dah mampir πŸ™‚
      1. Bukan yang 3×30 = 90juta, bukan juga yang 3 x 10 = 30juta.
      Langsung contoh aja ya, katakanlah kamu rencana apply 1 April, berarti rekening koran 3 bulan terakhir yang disertakan mulai dari 1 jan – 31 mar, betul?
      nah usahakan aja saldo di rekening itu perjalannya senormal mungkin.. Misal 1 january startnya 30 juta, lalu sampe tanggal 20-jan berkurang misal 3juta untuk keperluan bulanan, lalu tanggal 27-jan ada gaji masuk bertambah 10 juta (kalo bisa sesuai slip gaji). Dan seterusnya 20-feb berkurang 2 ~ 4 juta untuk keperluan bulanan, lalu akhir bulan dapat gaji lagi, dst.

      Intinya normal aja, ada pengeluaran bulanan, dan ada pemasukan dari gaji.

      Yang perlu dihiindari : cash flow keluar – masuk yang mendadak dalam jumlah besar ke history, (misal) di tanggal 20-maret tiba-tiba ada dana masuk 100juta

      *NB : 30 juta diatas hanyalah contoh, ada teman yang saldonya cuma 15 juta juga masih dapet stempel, tapi ada juga yang 100 juta tapi ditolak πŸ™‚

      2. Setauku gak ada ketentuan mendetail untuk SPT tahunan, yang penting ada SPT = bukti kita warga negara yang baik taat pajak πŸ˜€

      Gut luk ngurus visanya πŸ™‚

      Febry Hadinata

      15 January 2015 at 21:19

  15. hi, mas febry, salam kenal ya 😊
    ga sengaja nemu tulisan ini dari temen yang lagi google tips apply visa ke korea selatan, kita ceritanya berencana liburan ke sana tahun ini.

    mendadak kepikiran nih, sekalian mau nanya pendapatnya mas febry abis kaya’nya mas udah jauh lebih berpengalaman hehe. kebetulan paspor aku kan mau abis nih mas, jadi sebelum beli tiket pesawat + apply visa mau ganti paspor baru. berarti nanti paspornya pas baru kosong melompong dong pas apply visa? atau kira-kira bisa pake fotokopi halaman paspor yang sebelumnya?

    thanks before ya mas febry, iri (tapi seneng + kagum) deh baca blog mas hehehe.

    arum

    19 January 2015 at 20:23

    • Hi Arum, salken juga.

      Waktu proses pengurusan passport baru, passport lamanya bisa diminta lagi. Bilang ke pihak imigrasinya, untuk keperluan apply visa minggu depan. Karena setauku passport lama emang diwajibkan untuk mengurus visa (hasil googling).
      Tapi ada juga teman diatas tanpa melampirkan passport lama juga bisa tembus πŸ™‚

      NB : Untuk jaga-jaga takut passport lama ga dipulangin sama imigrasi dengan alasan apapun, bisa photokopi dulu passport lamanya, bisa buat disimpan / kenang-kenangan πŸ™‚

      Thanks dah mampir, gut luk buat ngurus visanya πŸ™‚

      Febry Hadinata

      19 January 2015 at 20:59

      • thanks atas balesannya, mas febry πŸ™‚
        tempo hari saya komen via mobile jadi semua komen di sini ga kebaca, sekarang baru bisa kebaca semua setelah browsing via PC. huhuhu jadi jiper setelah baca pengalaman yang visanya ditolak 😦

        btw mas febry, mau nanya lagi.
        untuk form aplikasi visa baiknya diisi dengan tulisan tangan atau boleh diketik ya? soalnya klo ditulis tangan kan ada beberapa poin yang space-nya keeciiiil banget, ampe bingung mau nulis jawabannya di mana, LOL.

        once again, thanks mas πŸ™‚

        arum

        26 January 2015 at 15:48

      • Kalo soal form ga masalah mau diketik / tulis tangan .. tapi kalo dari pengalaman yang sudah2 biasanya ditulis tangan sudah cukup sih πŸ™‚

        Febry Hadinata

        29 January 2015 at 22:14

  16. Halo, kalau rekening koran saya saldonya <50 jt, apakah bisa menyertakan surat deposito juga untuk lebih meyakinkan? thanks yah, membantu sekali info2nya sangat lengkap πŸ™‚

    charlotte

    23 January 2015 at 16:17

    • Halo, iya bisa dilampirkan juga fotokopi rekening depositonya.
      makin banyak yg dilampirkan makin asik. Gut luk.

      Febry Hadinata

      24 January 2015 at 15:25

  17. Hai Febry, kalau aku wiraswasta pedagang, apa harus buat surat keterangan kerja atau hanya lampirin siup, npwp aja ?
    thax atas infonya πŸ™‚

    giegie

    28 January 2015 at 23:14

    • Hi gie, di situs webnya “Surat Keterangan Kerja dan Fotokopi SIUP Tempat Bekerja- Jika tidak bekerja tidak perlu menyertakan”
      Untuk amannya sertakan aja πŸ™‚ perihal hari H waktu ngurus di kedutaan bisa tanya lagi perlu / tidak dilampirkan πŸ™‚ gut luk

      Febry Hadinata

      29 January 2015 at 22:31

  18. hi, mas febry, salam kenal πŸ˜€ blognya bagus banget deh, informatif pula, seneng bacanya.

    pas banget nih mas aku lagi siap-siap mau apply visa ke korea selatan, mau sekalian numpang nanya ya πŸ™‚
    rencananya kan aku mau backpacking ke seoul pake biaya sendiri, tapi gaji dan tabunganku pas-pasan banget mas. setelah aku hitung-hitung, saldo akhir yang bakalan tertera di rekening koran pas apply visa nanti paling sekitar 10 juta aja, aku jadi ga pede karena kebanyakan dicekokin mitos kalau tabungan selama 3 bulan terakhir harus 30 juta.

    kalau menurut mas febry mendingan aku cuek aja (apply visa cuma pake bukti keuanganku sendiri) atau pake ditambah surat sponsor + rekening koran ortu untuk jaga-jaga? jadi bukti keuangan yang di-submit ada dua, punyaku dan punya ortu. atau malah justru mendingan yang di-submit surat sponsor + bukti keuangan ortu aja, punyaku ga usah?

    thanks before ya mas πŸ™‚

    tya

    2 February 2015 at 11:54

    • Hi Tya,
      Kalo saranku coba submit punya orang tua (as sponsor) saja (Surat Sponsor + Rekening Koran Ortu + Surat Referensi Bank Ortu). Biar lebih meyakinkan.

      Gut luk πŸ™‚

      Febry Hadinata

      3 February 2015 at 23:02

  19. Hai mas febry,
    pertanyaanku mirip sama mba tya nih. aku lg bingung apply visa pakai rek tabungan aku apa ortu.
    soalnya posisi aku sekarang bekerja ikut bisnis ortu. dokumen yg nanti diberikan lebih baik milik ortu ato gimana ya? kyk surat sponsor ortu, rek 3bulan terakhir sama, siup dan surat referensi bank milik ortu?
    soalnya siup jg atas nama ortu. baiknya gimana ya mas? thanks loh

    kartikahs

    3 February 2015 at 18:27

    • Hi Tika,
      Sama kayak jawaban di atas, langsung aja submit pake punya orang tua as sponsor.
      Surat Sponsor + Rekening 3 bulan terakhir Ortu + Surat Referensi Bank punya Ortu + SIUP juga πŸ™‚

      Gut luk πŸ™‚

      Febry Hadinata

      3 February 2015 at 23:05

  20. Halo ka. terimakasih atas infonya. sy sudah beli tiket GA ke korea 5-14 april 2015. skrg mau ngurus visa. degdegan takut ditolak *kalah sebelum perang*
    amit amit ya tp kalo ditolak kira2 tiket sy bisa dijual/dibalik nama ga ya? dijual 5jt (tiket PP)
    makasih

    Yanti

    4 February 2015 at 17:16

    • Hi Yan, galau itu wajar, tapi tinggal lengkapi aja dokumen selengkap-lengkapnya, jgn lupa banyak amal, en berbuat baik mendekati hari H apply visa, yang Atas ga tutup mata kok :”D

      Setauku GA kalo bukan tiket promo bisa di tukar nama, coba tanya hotline servicenya πŸ˜‰

      Gut luk πŸ™‚

      Febry Hadinata

      4 February 2015 at 22:42

      • Makasih kak untuk kata2 penguatannya. hehehe

        Yanti

        6 February 2015 at 21:54

  21. aaah bacanya jadi deg-degan nih, wish me luck besok mau apply visa. Ohya Mas, kalau misal aku apply tanggal 6 februari tapi rekening koranku tanggalnya sampai 28 januari 2015 aja bermasalah nggak ya mas? kan beda bulan tuh walau cuma beda beberapa hari

    • Aku sendiri waktu itu juga rekening koran ada selisih 2 minggu di buntutnya… tapi gapapa πŸ™‚ tetep dapet stickernya …

      tipsnya : abis submit, jgn lupa perbanyak amal πŸ™‚

      Febry Hadinata

      6 February 2015 at 00:27

      • Haha tadi aku deg-degan banget Mas, dan ternyata sekarang ada perubahan berkas yang diserahkan ga perlu ngelampirin itinerary, booking penginapan dan ga disarankan untuk issued tiket dulu mas. Huff, semoga minggu depan dapat kabar baik πŸ™‚ *langsung banyak ibadah dan amal*

        Btw aku suka banget sama hasil jepretannya Mas Febry, i’m a big fans of you..foto-fotonya oke bangeeet πŸ™‚ πŸ™‚

      • Thank you komen buat photo2nya, aslinya lebih Wah disana πŸ™‚
        ditunggu kabar baik visanya πŸ™‚

        Febry Hadinata

        7 February 2015 at 19:23

    • hi mbak ismi, mau nanya soal komen mbak di bawah soal perubahan penyerahan berkas.
      beneran tuh ga perlu melampirkan itinerary, tiket pesawat, ma bukti booking akomodasi sekarang? orang kedubes bilang apa emang mbak?
      thanks before πŸ™‚

      arum

      12 February 2015 at 09:37

  22. kak, mau nanya lg..
    kan aku pake surat sponsor ortu. nah wkt ngurus surat referensi. Nama asli mama Yuli. di surat nama mamaku Juli (krna buku rekening sama slip gaji nama Juli). sedangkan KTP, KK, Kartu pegawai nama Yuli. Apa ga masalah nanti? Tp marga ttp sama kok. makasih

    Yanti

    7 February 2015 at 08:53

    • Setauku nama harus sama persis seperti di passport / ticket, beda satu huruf aja kayanya bakal susah πŸ™‚

      Febry Hadinata

      9 February 2015 at 21:36

      • haaii ka febrian…aku mau tanya nihh soalnya insya.Allah aku mau berangkat ke korea krena telpilih sebagai salah satu delegasi…
        naah aku kan mau apply visa..berhubung ortu ku sudah tidak ada aku pakai punya kakka aku…
        tapi aku hanya menggunakan SK karyawan tetap + jamsostek + slip gaji…
        hanya itu aja apa bisa ka? tanpa harus pake rekening koran n surat referensi bank?
        soalnya ada kndala di riwayat nya…

        mohon doanya juga ya kaa

        Auliya Nufus

        15 February 2015 at 15:15

  23. hai kak febrian, mohon info nya dunk, klo saya kan stelah kuliah slama 5 tahun shop online tanpa siup n npwp, itu bagaimana ya, harus lampirkan sponsor kah or ada yg punya punya pengalaman spt saya, mohon info ya, thanks kak febrian

    miayunita

    24 February 2015 at 22:28

    • hi mia, setauku freelancer tanpa siup and npwp, bisa pake surat sponsor orang tua / saudara, juga perlu rekening bank 3 bln trakhir pihak sponsor πŸ™‚ gut luk

      Febry Hadinata

      25 February 2015 at 00:33

  24. mas febry, menurut mas melampirkan tagihan kartu kredit penting ga? aku ada sih kartu kredit tapi statusnya kartu perpanjangan ortu jadi yang bayar masih atas nama ortu.

    tya

    24 February 2015 at 23:08

    • hi tya, ga bisa jawab pastinya πŸ™‚ kurang info juga tentang tagihan CC.
      Tapi mungkin bisa di fotokopi dan dilampirkan, waktu mau submit bisa tanya perlu / tidak dilampirkan, gut luk πŸ™‚

      Febry Hadinata

      25 February 2015 at 00:37

  25. hai kak febri info dunk mohon pencerahannya lagi, hehehe,
    1. jika sponsornya orang tua apa perlu surat keterangan kerja org tua sedangkan papah pensiunan, mamah wiraswasta tanpa siup, cukup kah hanya bukti keuangan mamah, karna cukup mendukung smpe 150 jt an gitu, tp bermasalah dengan pekerjaannya, karna memang tidk ada siup n npwp,karna wiraswasta perseorangan. apa nanti nya tidak di minta surat keterangan pekerjaan.
    2. kakak saya freelancer (shop online) cukup mendukung kah sponsor org tua saja? apa melampirkan sponsor sendiri juga? jadi dia buat pernyataan 2 buat diri nya atas nama diri sendiri dan sponsor orang tua, apakah tidak apa – apa kalo double double, rekening 3 bulan pribadi dengan referensi bank buat jaga – jaga apa kah perlu ?, kalo di liat tabungannya aktif dan bagus. klo tdk cukup berarti mamah saya menanggung 2 anaknya dalam pernyataan sponsor.
    3. perlu kah meelampirkan pernyataan yg keluarkan mentri perdagangan : bahwa di bebaskannya pendiri perusahaan perseorangan milik keluargahukum mengenai Surat Izin Usaha Perdagangan didasari oleh Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI No.289/MPP/Kep/10/2001 Tanggal 5 Oktober 2001 Jo. Permerindag RI No.09/M-DAG/PSR/3/2006, Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 36/M-DAG/PER/92007, tentang Penerbitan Surat Izin Perdagangan dan Peraturan Daerah masing-masing Pemda. Secara umum, jenis SIUP dibedakan menjadi tiga berdasarkan skala usaha dan modal dari perusahaan dagang tersebut, yaitu SIUP Kecil, SIUP Menengah, dan SIUP Besar.

    β€’ SIUP Kecil adalah surat izin usaha perdagangan yang wajib dimiliki oleh suatu perusahaan yang mempunyai modal kekayaan sampai dengan dua ratus juta rupiah.
    β€’ SIUP Menengah diberikan kepada perusahaan yang mempunyai modal kekayaan bersih (netto) secara keseluruhan di atas dua ratus lima puluh juta rupiah sampai lima ratus juta rupiah.
    SIUP Besar wajib dimiliki oleh suatu perusahaan yang jumlah kekayaan modalnya di atas lima ratus juta rupiah.

    Modal-modal usaha yang dihitung tersebut tidak termasuk tanah dan bangunan. Namun, tidak semua usaha di bidang perdagangan wajib memiliki izin usaha perdagangan. Ada beberapa perusahaan yang dibebaskan untuk memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan, antara lain:

    β€’ Cabang sebuah perusahaan yang menjalankan usahanya di suatu daerah. Cabang atau perwakilan usaha tersebut biasanya menggunakan SIUP milik Perusahaan induknya (pusat).
    β€’ Perusahaan-perusahaan kecil milik perseorangan yang tidak berbadan hukum atau persekutuan. Perusahaan kecil yang dijalankan dan dikelola sendiri atau bersama keluarganya. Perusahaan kecil perseorangan yang profitnya hanya semata-mata untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Mengenai perusahaan kecil ini masing-masing daerah mempunyai kriteria yang berbeda.
    Para pedagang keliling, pedagang kali lima, pedagang kelontongan, asongan, dan pedagang pinggir jalan seperti warteg.

    Dari keputusan pernyataan menteri Indonesia peri hal membebaskan bagi perusahaan dagang kecil milik perseorangan yang tidak berbadan hukum seperti usaha shop online seperti kakak saya dan mamah sy, apakah melampirkan spt ini akan mendukung. apa punya mamah saya tidak usah melampirkn sajaa.
    overal udh lengkap. semoga ada pencerahan mengenai penting atau tdk referensi kkerja org tua yg beriwaswasta tanpa siup n npwp, penting di lampirkan atau tdk.
    kira kira ada yg di aprove gak ya mahasiswa spt saya, dan shop online spt kaka saya, terima kasih mas febrian

    mia

    2 March 2015 at 17:27

    • Hi Mia,
      1. Kalo soal saldo, angka segitu termasuk cukup, asal itinerary visanya juga masuk akal. Yang masih ragu masalah SIUP dan NPWP nya, belum ada pengalaman yang ini, mungkin teman-teman yang pernah ngalami hal serupa bisa share.
      2. Mungkin better kakakmu pake sponsor ortu, lalu uang di rekening kakakmu bisa di endapin ke rekening ortu πŸ™‚
      3. Nah kalau lampiran masalah SIUP mirip dengan point 1, jujur kurang tau, tapi makesure lagi bisa coba tanya ke pihak travel agent terdekat / pihak kedubes, apa perlu SIUP kecil / menengah / besar disertakan.
      Semoga teman-teman olshoppers dan sudah pernah pergi ke korea dengan dan tanpa SIUP bisa share juga di commetn ini.

      Febry Hadinata

      5 March 2015 at 17:02

    • Hai mia gmn visanya di approve gak?
      Ak jg mo apply visa korea tp kasusku sama kaya kmu…ak & suamiku sama” freelancer (onlineshop) tanpa SIUP
      Lg cari pencerahan nih,,
      Tlg share yah..mksih..

      nur fitri

      6 May 2015 at 21:51

  26. Haiii thx banget infonya mau tanya donk..kalau sudah melampirkan spt tahunan apakah masih harus melampirkan bukti keuangan lainnya? Makasi

    elokelel

    5 March 2015 at 06:54

    • Hi elolekel, better sertakan dua-duanya.
      Prinsipnya apply visa ini nothing to lose aja, kalo bisa sertakan semuanya πŸ˜€
      Gut luk.

      Febry Hadinata

      5 March 2015 at 13:52

  27. WAAH..makasih infonya mbak
    Mbak, tpi aku dah tanya ke bank kalo minta surat keterangan gitu, ko dari pihak bank mintanya saldo harus min 100juta yah?
    Itu peraturan dari bank sendiri ato gmana..
    Dan kalo ikut travel cuman urusin visa aja ada gak? Perjalananx qta urus sendiri..
    Toloby di rep ya mbak..
    Minta Itinerary Selama di Korea juga dong mbak ke
    Antypertanian@gmail.com
    Khamsamnidaa πŸ™‚

    antytanduk

    5 March 2015 at 07:21

    • surat Referensi bank seingatku cuma perlu minta ke mbak CSnya, tanpa ada batasan jumlah saldo, dan dikenakan biaya 50rb. (Bank BCA)

      Travel yang mengurus visa aja ada banyak harusnya, dari tempatku kebetulan ada Pano*rama tours, coba check travel agent terdekatmu πŸ™‚

      Gut luk, en btw saya bukan “Mbak” πŸ™‚

      Febry Hadinata

      5 March 2015 at 13:49

      • hai mas febri saya bru banget ajuin visa dan deg-degan kesalahan saya adalah tidka mencantumkan ref bank hanya laporan rincian transaksi yang sdh d cap bank karena keterlmbatan surt ref yg blm jd gara2 bca ultah sdngkn sy harus buru2 ajuin visa tapi pada saat pengecekan sy tdk di minta atau tidak dtanya kekurangan dokumenya kira-kira masalah ga ya? thanks

        imelda

        5 March 2015 at 15:48

      • Hi Imel, harusnya ga masalah kalo cuma surat referensi bank πŸ™‚ Gut luk.

        Febry Hadinata

        6 March 2015 at 12:49

  28. Hi mas pebry q mau tanya, q kan tgl 9 nanti mau apply visa, kalo misalnya (amit-amit, pait-pait) visa q ditolak apa q bisa lgsg ngajuin lagi hari berikutnya? Ato udah blas aja ga jd ke koreanya, mohon jwbnnya dan mksh sblmnya πŸ™‚

    diesti

    5 March 2015 at 15:51

    • Hi Diesti, dulu pernah baca, visa yang udah ketolak baru bisa re-apply lagi sekitar 6 bulan kemudian. Gut luk πŸ™‚

      Febry Hadinata

      10 March 2015 at 15:08

  29. Oh 1 lg pertanyaan nya kalo surat referensi dibuat d bamk tmpt q buat rekening udah, tp klo rekening korannya d bank bukan tmpt qt buat rekening boleh ga, soalnya kan bank tmpt buat rekening jauh -_-

    diesti

    5 March 2015 at 15:55

    • Kalo nomor rekening masih sama, kayanya ga masalah, tapi kalo Surat Referensi nya account bank number AAA, sedangkan Rekening korannya di bank number BBB, kayanya ga boleh πŸ™‚

      Febry Hadinata

      10 March 2015 at 15:09

  30. halo mas febry, saya ada niatan tahun ini mau ikut program summer school di salah satu universitas di korea. tapi saya takut visa saya bakal ditolak. kalau menurut mas febry jika saya di korea, sudah ditanggung makan minum dan tempat tinggal oleh universitas korea tersebut. kemungkinan visa saya ditolak seperti visa liburan tidak ya? terimakasih

    arsilisf

    8 March 2015 at 01:00

    • Harusnya besar kemungkinan diterima, kalau ada surat sponsor dari pihak univ yang bersangkutan πŸ™‚ Gut luk πŸ™‚

      Febry Hadinata

      10 March 2015 at 16:12

  31. halo mas febri..
    tgl 11 april ini saya rencana mau ke korea nih sama temen2..
    tp paspor kita masih kosong..dan umur kita umur2 produktif (kata mba tour travelnya)
    kalau kita punya teman di korea nya dan minta untuk dibikinkan surat undangan, udah cukup meyakinkan ga ya??
    oia, mas punya contoh untuk surat undangannya ga?
    kalo punya, bisa dikirim ke email aku ga? annisatry90@gmail.com
    trims mas..
    doakan visa kami diterima.. :))

    nizzanisa0510

    9 March 2015 at 12:56

    • Hi Niza, aku dah coba muter2 google lom dapet contoh surat undangan πŸ™‚ semoga yang udah pernah pengalaman bisa share disini ya. Gut luk πŸ˜‰

      Febry Hadinata

      16 March 2015 at 21:13

  32. hai..mau tanya dong…aku sudah apply visa korea kemarin lewat travel..yang jadi permasalahan rekening aku di december itu kecil banget mulai ada nafas dijanuari dan febuari…tapi di januari dan febuari di atas 18jt ya…apakah itu akan jadi permasalahan ya???

    dk

    11 March 2015 at 17:27

    • ini sama percis denganku..dan syukur aku sdh d approve tinggal brgkt deh malah aku ga cantumin ref bank untung nya masih lolos gud lack ya

      imelda

      12 March 2015 at 14:39

    • Hi dk, harusnya ga ada masalah, ada temen yang rekeningnya cuma nafas di sekitar 10 – 15 juga bisa lolos :”)

      Febry Hadinata

      16 March 2015 at 21:51

  33. kak visa aku sama tmn di apply dari 3 mggu lalu tp sampe skrg tiap nelpon ke kedutaan katanya masih proses. kira2 knp ya bisa lama? apa masih ada harapan diterima? kalo rekening koran ga terlalu aktif apa bermasalah?

    Yanti

    12 March 2015 at 11:16

    • Hi yan, baru tau ini proses bisa 3 minggu, rata-rata kebanyakan 3-7 hari kerja. Semoga hasilnya keterima πŸ™‚ Gut luk.

      Febry Hadinata

      16 March 2015 at 21:53

      • share pengalaman aja. visa ku ga ada kabarnya setelah 3 mggu ditelpon kedutaan minta SPT.
        setelah nunggu lg sampe genap 1 bulan 1 hari hasilnya DITOLAK 😦

        Yanti

        25 March 2015 at 14:57

    • Hi yanti πŸ™‚ semoga baca πŸ˜‚
      Boleh minta kontak kamu gak ? Mau nanya2 tentang visa kamu. Terima kasih sebelumnya πŸ™‚

      tifalief

      17 March 2016 at 16:22

  34. Novi
    saya rencana mau apply visa bln april nanti dan berangkat bln mei..yg jadi masalah buat saya..saya tdk punya spt tahunan…ngimana ya..apa ada yg pernah apply visa tanpa spt…visa ku masih kosong blm pernah berangkat.

    Novi

    14 March 2015 at 16:51

    • Hi Nov, temenku barusan apply tanpa SPT, tapi dia masih nyertain NPWP + Slip Gaji + SIUP perusahaannya, dan sudah keterima.
      Coba lengkapi dokumen lainnya.
      Gut luk.

      Febry Hadinata

      17 March 2015 at 21:11

  35. hi , aku mau sharing ya , visa ku baru di approved minggu lalu , proses pengajuan sampai selesai cm 5 hari kerja saja . Waktu itu saya berdua dgn sepupu apply sndr ke Korea Embassy , satus sepupu gak kerja jadi diminta srt guarantee sendiri pakai materai lalu di tandatangani sndr . sertakan referensi bank & saldo 3 bln terakhir , foto copy KK, KTP & lembar passport yg ada cap negara yg pernah di kunjungi . Srt keterangan kerja terakhir , & passport asli .

    veny

    16 March 2015 at 14:05

    • Thanks Ven dah share, have fun and enjoy korea πŸ™‚

      Febry Hadinata

      16 March 2015 at 22:04

      • aku sampe skrg lom susun itenerary , msh bingung mau ambil jeju kah ? ada yg blg gitu2 aja ada yg blg must visit , kr hanya pergi berdua mau rent car or taxi serasa bakal jadi mahil, gmn nih Feb ? tulisan kamu ttg Jeju koq ga ada ya ?

        veny

        17 March 2015 at 13:32

      • Berapa hari? kalo 7++ hari bisa masukin Jeju πŸ™‚ Untuk bahan pertimbangan, ada yang bilang best time visit jeju itu waktu Summer, pas cerah2nya (meski curah hujan juga tinggi), tapi lepas dari musim kataku semuanya bagus πŸ™‚
        Transportasi sendiri bisa pilih antara rent taxi / mobil / motor / naik bus πŸ™‚ semua ada + en – nya.
        Tulisan Jeju masih di draft :p sementara bisa tanya by line / email aja.

        Febry Hadinata

        17 March 2015 at 21:09

  36. mas febry…mau nanya lg ya mas..waktu itu tmn mas ajukan visanya kondisi paspor sdh pernah ke luar negri blm?sebab kondisi pasporku kosong,katanya klu kondisi paspor kosong wajib ada spt…boleh ya mas kita pake punya bos tempat kita kerja npwp,spt,siup nya..klu boleh lengkap tempat aku kerja punya.

    Novi

    18 March 2015 at 12:57

    • Temanku yang ngajuin udah ada stempel Malay sama Spore.
      Kalau perihal SIUP perusahaan, itu biasa tergantung bosnya, ada yang ngasih, ada juga yang engga.

      Febry Hadinata

      23 March 2015 at 21:25

  37. mau share dan mau berterima kasih sama kak febri, thanks atas info nya, thanks kak febri, saya yg mahasiswa dan kakak saya yg freelance olshop bisa di terima woow cepet bgt 5-7 hari kerja sudah di acc, tanpa siup tanpa npwp tanpa surat keterangan kerja, pengganti kedua nya hanya dua lembar kertas curhat berbahasa inggris menyakinkan kedubes tentang pekerjaan kakak saya dan tidak untuk mencari pekerjaan di korea, pdhl di rekening aku hanya 3,7jt, kondisi paspor kosong blm pernah keluar negeri. pekerjaan org tua yang serabutan jg gak perlu npwp dan siup hanya di jelaskan yg lengkap. dan detail serta di payungi info menteri perdagangan itu saja dan dokumen yg lainnya lengkap. aku seneng bgt … gak semenakutkan apa yg dipikirkan bahwa pengajuan visa korea itu susah di aprove … smoga membantu ya share aku,, ^^ thanks juga buat kak febri

    miayunita

    20 March 2015 at 17:13

    • hi Mia, Thanks udah share hasil visanya disini πŸ™‚
      Enjoy your tripp πŸ™‚

      Febry Hadinata

      23 March 2015 at 22:19

    • Hai mia bisa share cntoh surat curhatannya gak ya? Kasusku sama kaya kmu nih…dah ngubek2 gugel ahirnya nemu postingan yg sesuai…
      Bisa kirim ke emailku nurfitri603@gmail.com

      nur fitri

      6 May 2015 at 22:11

    • Mbak mia….saya juga mau aplikasi visa korea dan kayaknya saya juga punya problem yg sama dg mbak mia (sama-sama tidak punya npwp,siup,dan spt)
      Bisa minta di emailkan surat curhat nya ?
      Nufi4n@yahoo.com.sg
      btw terimakasih

      Nufi

      31 August 2015 at 17:36

    • @mia: boleh minta id line-nya? Aku mau nanya2 nih. Thx

      Santy

      27 October 2015 at 13:35

    • Mba mia jadi persyaratan yang dikumpulin ke kedutaannya apa aja ?

      Kimy

      6 December 2015 at 21:13

    • Hai mia, apply visa kmrn diminta itenerary dan bukti tiket pesawat kah? Thank you

      selly

      23 August 2016 at 07:04

    • Hi mbak mia

      Mbak kalo boleh bisa dishare ke email saya nggak surat curhatannya itu?
      Soalnya saya mau apply visa juga tapi tanpa siup, slip, dan spt
      Jadi agak was was nih hehe

      Oh iya email saya
      sekendiandriaji@gmail.com

      Makasiih

      Kendi

      6 September 2016 at 16:25

      • Mau juga donk dishare kalau ada yg punya sample dokumen2 untuk pengajuan visa ke Korea ke email andi_klaqueen@yahoo.com, hehehe. Saya udah beli tiket PP Bandung – Korea tgl. 1-7 Maret 2017 (cari yg murah euy! :D). Thanks

        andicreativeblog

        6 September 2016 at 17:05

  38. Hi Febry,

    Mau tanya..
    November 2015 ini aku rencananya ke Korea dan aku bakal bikin passpor baru karena masa berlaku passpor lama aku Desember 2015.

    Kira-kira passpor baruku yg nantinya kosong jadi masalah gak ya? Kalau di passpor lamanya sih ada cap pernah ke SG 3 kali. Atau passpor lamanya bisa dilampirkan juga?

    Thanks! πŸ™‚

    annisarizka

    23 March 2015 at 02:46

    • hi Annis,
      Sudah dijawab di atas2, waktu perpanjangan, passport lamanya bisa diminta lagi untuk alasan mengurus visa. Tapi semisal ga dikasih pun, juga ga masalah, masih ada teman yang keterima walau passport polosan πŸ™‚
      Gut luk πŸ™‚

      Febry Hadinata

      23 March 2015 at 22:21

      • ahahaha maap aku baru liat komen diatas soalnya kemarin onlinea pake HP. oke deh terima kasih banyak Febry πŸ˜€

        annisarizka

        25 March 2015 at 12:00

  39. whoaaaa baca artikel ini bikin deg degan apply visa, tapi wacana bebas visa buat korea selatan april nanti, semoga aja bisa terlaksana πŸ™‚

    fiqrotul ulya

    25 March 2015 at 10:03

    • Ga semenakutkan yang di bayangin πŸ™‚
      Coba aja dulu apply 1x, baik itu hasilnya diterima / ditolak, pasti bakal dapet pengalaman baru πŸ™‚

      Febry Hadinata

      27 March 2015 at 18:51

  40. Febry aku mau tanya lagi ya..

    SPT21 itu dibutuhin banget nggak ya?

    annisarizka

    27 March 2015 at 13:57

    • Kalo ada bisa diikutkan, kalo ga ada bisa pake syarat yang lainnya. Seperti rekening koran 3 bulan + surat referensi bank + slip gaji πŸ™‚
      Ada teman juga yang barusan apply tanpa SPT karena baru daftar NPWP di bulan April taun lalu, tapi dia jadinya menyertakan SIUP en kartu NPWP, dan keterima πŸ™‚ Gut luk.

      Febry Hadinata

      27 March 2015 at 19:50

      • Yang disertai itu bukti potong dari kantor atau tanda terima sudah bayar SPT ya? Soalnya aku lihat di beberapa blog ada yang bilang bukti potong tapi teman kemarin pakei bukti bayar.

        Oh gitu ya..aku ada sih SPT. Jadi sebaiknya disertai semua aja aja SPT, slip gaji dan referensi bank..Hahahaha aduh mau ajuin beberapa bulan lagi tapi dari sekarang udah deg2an.. Baru pertama kali apply visa soalnya…*curcol

        Thx anyway πŸ™‚

        annisarizka

        30 March 2015 at 15:30

      • Dulu setauku yang disertakan itu Formulir 1770 / 1770S, tapi kayanya bukti pengumpulan juga boleh πŸ™‚

        Iya sertakan itu aja.. dah cukup lengkap πŸ™‚

        Febry Hadinata

        30 March 2015 at 22:14

      • siiiaaapp!! terima kasih banyak jawabannya kak Febry πŸ™‚

        annisarizka

        1 April 2015 at 13:29

  41. mas, ini aku nanya di beberapa travel di surabaya masak minimal tabungannya 50 jt .
    kalo harus bolak balik kejakarta sendiri juga berat T.T

    maria

    31 March 2015 at 20:18

    • Sudah coba tanya travel-travel yang lainnya? Setauku 50juta sudah bukan patokan lagi πŸ™‚

      Febry Hadinata

      9 April 2015 at 22:54

      • coba di nusantara tour atau dwidaya tour.
        kemungkinan ga sampai 50jt, 15jt mungkin sudah cukup.

        AyuSaputri

        5 June 2015 at 12:43

  42. Halo, Mas Febry! Terima kasih banyak atas tulisan nya yg informatif + contoh format dokumen nya. Aku mau numpang tanya juga, pertanyaan nya udah pernah dibahas sih, cuma aku pengen konfirm lagi aja. Aku udah kerja tapi kalo diitung-itung dan habis liat saran Mas Febry, kayaknya lebih baik kalau aku pake sponsor ortu aja. Nah, karena udh menyertakan surat sponsor + rekening koran ortu, apakah aku harus ttp kasih SIUP kantor aku, surat keterangan kerja, copy jamsostek, dan SPT aku? Atau surat sponsor tadi itu sudah cukup? Terima kasih banyak ya, Mas Febry πŸ™‚

    Kiky

    5 April 2015 at 23:51

    • Sorry late reply,
      Intinya masih sama kayak comment2 diatas, makin banyak dokumen makin OK
      – surat keterangan kerja (surat ini biasanya cukup sakti buat yakinin kedubes kalo kita bukan cari kerja, tapi beneran liburan)
      – rekening koran pihak sponsor, ini wajib
      – copy jamsostek dan SPT sertakan aja, kan tinggal fotokopi πŸ™‚
      – yang masih tanda tanya sih SIUP kantormu, sertakan aja kalo mau πŸ™‚
      Thanks dah mampir, gut luk buat visanya πŸ™‚

      Febry Hadinata

      28 April 2015 at 16:27

  43. hi Mas… saya ada planning mo ke korsel di ajak cowo say kebetulan dia ada business meeting di korsel. kalo dia sebagai sponsor apa aja syarat nya? trus rek. koran nya punya saya atau cukup punya cowo saya aja? kalo cowo saya dari office yang apply visa nya. saya di suruh apply sendiri. Thanks

    zeanty

    7 April 2015 at 09:57

    • Setauku kalo udah ada yang sponsorin berarti wajib
      – kasih surat sponsor, bahwa dia mensponsori biaya kamu selama di sana
      – cetak rekening koran 3 bulan terakhir pihak Sponsor (disini berarti cowomu)
      – kemudian pilih salah satu : Surat Keterangan Mahasiswa / Surat Keterangan Kerjamu πŸ™‚
      Gut luk πŸ™‚

      Febry Hadinata

      28 April 2015 at 16:30

  44. Hallo mas febry, saya mau tanya perihal pembuatan visa korea. Saya berencana apply bulan agustus (berangkat Oktober 2015). Posisinya bulan Juli itu saya baru menjadi Fresh graduate doctor (Dokter umum lulusan baru) sehingga kemungkinan bulan Juli-Agustus itu saya hanya akan bekerja di klinik2 kecil yang tanpa SIUP. Menurut mas febri saya lebih baik mensponsori diri saya sendiri? Kalo iya apakah surat izin pendirian klinik dan surat dari pemilik klinik bahwa saya akan kembali bisa digunakan? Bila tidak, apakah lbh baik saya disponsorinoleh orang tua saja?

    Annisa

    23 April 2015 at 21:58

    • Hi Annisa, saranku sih pake surat sponsor ortu + rekening koran orang tua 3 bulan terakhir. Dan tetap sertakan surat keterangan kerja dari klinik kamu (format di atas ya).
      Kalo ga ada SIUP bisa “contek” tips dari miayunita di atas, dia ga pake SIUP tanpa NPWP dan ke approve juga.
      Surat izin pendirian klinik bisa digunakan? yes sangat bisa πŸ™‚
      Gut luk.

      Febry Hadinata

      28 April 2015 at 16:39

      • Halo, pagi ini aku jg baru aja ke kedutaan korea selatan untuk apply visa. dokumen adik ku blg kurang surat keterangan mahasiswa. emang ini berpengaruh bgt kah? adikku bru lulus dokter kemarin dan dya cm ada kartu pelajar, sdgkan akan brgkat ke korea tgl 29 agustus ini, dan kl bikin surat keterangan di kampus itu makan 3hr kerja, akhirnya pas dibilang sperti itu, kita hopeless. adikku ada surat sponsor dan surat jaminan akan kembali ke indonesia dr papah dan mamah. kita brgkat ke korea bertiga, mamah + saya + adik saya. di dokumen mamah smua lengkap ada rekening tabungan segala n surat jaminan dr ayah saya bhwa adik saya dan saya dan mamah saya akan kembali lagi.
        maksud saya, di visa jepang saja ckup pilih salah satu antara ftokopi kartu pelajar / surat keterangan mahasiswi, kemudian knpa hanya di korea saja hrs ada surat keterangan msh aktif belajar? tp td akhirnya disuruh ttp masukin berkas saja alias dicoba saja dlu brgkalai bs diapprove. tp kl liat dr hasil browsing2 kygni sih yang smuanya blg hrs pk surat keterangan mahasiswi, kita smua jd hopeless. pasti ketolak dong? pdahal kita udh cantumin ftokopi kartu pelajar, apa itu belum ckup?? ;(

        vicki

        19 August 2016 at 18:19

  45. Hallo mas Febri ^^

    Mau nanya, untuk rekening koran itu yg dilihat saldo akhir atau saldo rata2 beserta keluar masuk ya selama 3 bulan terakhir?

    takyuyaki

    25 April 2015 at 16:35

    • Hi Takyu,
      Dilihat historynya selama 3 bulan terakhir, hindari dana masuk / keluar tiba2.
      Gut luk.

      Febry Hadinata

      28 April 2015 at 16:40

      • Oh tapi kalo emang rekening aktif tidak apa2 ya mas asalkan masih ada dana sisa sesuai dengan budget yg dibutuhkan selama disana. Jika ada dana lebih, maka lebih bagus, gitu kan ya? Tq banyak mas, doakan semuanya lancar, amiin πŸ™‚

        takyuyaki

        28 April 2015 at 16:52

      • yes betul, ga masalah kok pake rekening aktif πŸ™‚

        Febry Hadinata

        28 April 2015 at 17:09

  46. hai mas Febry,
    saya adalah seorang pegawai swasta (status masih kontrak) sekaligus masih berstatus mahasiswa S2.

    saya mau tanya kalau misalnya saya tidak mencantumkan surat tanda bekerja dari perusahaan tp menggunakan surat keterangan mahasiswa, maka yg perlu saya submit : surat keterangan mahasiswa + surat sponsor dari ortu (karena saya mengganggp saya hanya sebagai pelajar, belum bekerja shingga msih dibiayai ortu) + bukit ref bank rek. ortu + rek saya + SPT usaha orgtua, boleh seperti itu?

    karena ditempat kerja saya masih berstatus pegawai kontrak dan belum genap 1 tahun bekerja, sehingga blm punya SPT, blm bisa mengajukan cuti (tp berangkatnya pas saya sudah 1 tahun bekerja jd bisa ajukan cuti hehe), plus kayaknya bakal ribet minta surat2 dari atasan secara saya masih org baru hehe, jadi saya mau menggunakan status mahasiswa saya saja dan menyatakan saya tidak bekerja, apa boleh seperti itu?

    mohon pencerahannya πŸ™‚

    Ayu

    5 May 2015 at 15:53

    • Sorry late reply, iya bisa spt itu :
      – Surat Keterangan Mahasiswa
      – Surat Sponsor Ortu + Bukti Referensi Bank + History Rekening 3 bulan
      – Rek mu boleh ikutin juga kalo ada
      – SPT Orang tua
      gut luk ..

      Febry Hadinata

      26 May 2015 at 15:23

  47. kalau paspor baru alias belum pernah ke luar negeri gimana yah? kira2 lolos ngak visanya yah?

    hilda

    8 May 2015 at 14:34

    • Ada temen yang passnya polos juga, tapi dokumen2 untuk visanya lengkap = Lolos πŸ™‚

      Febry Hadinata

      26 May 2015 at 15:24

  48. saya mau tanya, persyaratan dokumen ke korea hanya paspor dan visa saja kan? saya pernah dengar kalau ke korea harus ada uang jaminan min. 40 juta itu benar atau tidak?

    inas

    11 May 2015 at 07:03

    • Persyaratan dokumen seperti diatas semua.
      Angka saldo 40 juta bukan untuk jaminan, tapi cuma sebagai alat untuk meyakinkan pihak kedubes kita punya dana segitu untuk berlibur πŸ™‚
      NB : patokannya bukandi 40 juta, ada teman yang saldo 15 juta juga visanya keterima.
      Gut luk.

      Febry Hadinata

      26 May 2015 at 15:26

  49. mksh k.febry sblmnya….blog nya sangat amat membantu..saya mau berbagi nih k,,tgl 28 april saya mengajukan visa ke korea melalui jasa travel..hbs nya klo urus sdri jauh hrs bolak balik jkt,sedangkan domisili saya di malang,,padahal paspor saya kosong,,persyaratan semua lengkap,,kecuali SPT,,karena saya blm bekerja,,(modal nekat,hehehee)..dan tidak lupa saya menyertakan kode booking pesawat dan htl,,itu pun cuma sekedar booking aja..klo udh issued tiket nya takut g di setujui,,bisa bangkrut deh,,hehehee…akhirnya dpt khabar dari pihak travel bhw visa saya di setujui,,,akhirnya seneng deh,,,tgl 14 lusa saya jadi deh brgkt ke korea…”semoga tmn2 yg mau mengajukan visa di setujui y”

    audriae

    12 May 2015 at 11:45

    • wah, selamat berlibur yaa ..

      saya mau tanya nih, audriae, itu melampirkan kode booking tiket pesawat maksudnya gmna ya? uda booking tp blm bayar jd bukti bookingnya di print dan itu yg dilampirkan ya?
      cari visanya pake travel apa nih?

      ayu

      12 May 2015 at 16:44

      • @ayu,,iya mksh sist,,iya sist,,kode booking aja di print,,di travel aero wisata kwitang sebrang gunung agung sist,,,

        audriae

        12 May 2015 at 20:04

    • Thank you udah share Audrie,
      mayan sharenya bisa buat modal nambah tekat untuk pasukan SPT-less diluar sana πŸ˜€
      Have fun!

      Febry Hadinata

      26 May 2015 at 15:30

    • Hai audriae, kamu apply visanya pake sponsor orang tua berarti ya? Harus mengendap berapa juta ya dibank?

      Gina

      3 June 2015 at 14:03

  50. ooh y k.febry,,saya mau tanya klo tukar uang dolar ke won di korea jatuhnya lbh mahal apa lbh murah y k??mksh k sblmnya

    audriae

    12 May 2015 at 15:58

    • Hampir sama, sudah pernah check dan hitung2. Tapi usahakan tukarnya di tempat shopping seperti Myeongdong / Itaewon, check aja ratenya yang paling bagus πŸ™‚
      Hindari tukar di Airport / Bank, ratenya bisa bikin sesak nafas.

      Febry Hadinata

      26 May 2015 at 15:40

  51. Halo Febry, Thanks atas tulisan lengkapnya, cukup informatif, ada satu pertanyaan, apakah benar apply visa korea, pasport harus minimal sudah berusia 6 bulan sejak perbuatannya, baru bisa apply? Khusus bagi yg baru punya passport.

    Ditunggu replynya

    Yos

    17 May 2015 at 07:03

    • Sorry late reply, setauku ga harus nunggu 6 bulan sejak pembuatan.
      Berdasarkan pengalaman beberapa temen yang galau, biasanya mereka ke spore / malay buat dapet stempel di buku passport kosongnya πŸ™‚
      Gut luk.

      Febry Hadinata

      7 June 2015 at 17:38

  52. Febry, or tmn2 yg lain yg baca komen ini ada yg punya pengalaman ky aku nggak??

    Jadi Maret 2014 lalu aku apply visa korea dan alhamdulillah approved…tapi lalu aku batal berangkat krn ada masalah keluarga…nah insya Allah November nanti aku mau ke korea, kira2 visa bakal approved nggak ya??takutnya pihak kedutaan mikirnya ini taon lalu uda apply visa korea tapi nggak ada cap imigrasi kedatangan ke korea…dan trus jadi permasalahan gt (okeee ini aku nya aja mungkin yg mikir terlalu jaoh yaa hehehe) kan pasti ke record kan di sistem mereka…duh jadi deg2an semoga bisa lolos deh aminn…kalo nggak rugi dehh tiket Garuda PP *amit-amit dehh jangan sampe*

    Trus juga kan nanti aku kudu bikin paspor baru, nahh berdasar pengalaman urus paspor yg pertama dulu, paspor lama ku ga dibalikin..misal nanti ga dibalikin, aku sertain copy an nya aja gpp ya?trus isi form negara yg pernah didatangin aku isi sesuai paspor baru (yang masih kosong) atau sesuai copy an paspor lama? (kalo misal paspor lama ga dibalikin)

    Terimakasih kalo ada yg mau membantu jawab

    RYWRDH

    18 May 2015 at 10:59

    • Sorry late reply,
      1. Setauku ga pengaruh dengan visa approved sebelumnya πŸ™‚
      2. Dari pengalaman temen2, ada yang bilang saat pengajuan passport baru, yang lama bisa diminta lagi dengan alasan buat apply visa. Tapi better fotokopi aja buat jaga2 kalo emang tetep ga dikasih πŸ™‚
      Gut luk.

      Febry Hadinata

      7 June 2015 at 17:41

  53. Hallo kak Febry, thanks banget blog nya cukup informatif πŸ™‚
    aku mau tanya nih, jadi Juli (habis lebaran) sampai Agustus besok aku bakal ke korsel untuk keperluan summer course.
    nah persyaratan udah lengkap semua, termasuk detail detail tambahan yang padahal ga tertulis di web nya.

    tapi, untuk bukti keuangan aku hanya menyantumkan surat sponsor orang tua dan laporan rekening koran ibu aku 3 bulan terakhir, TANPA surat referensi bank ibu aku itu,
    alasannya kakak ku bilang tidak usah karna,
    (maaf ga bermaksud apa apa) saldo akhir atau pun mutasi rekening ibu aku itu sudah 9digit dan sudah ada surat keterangan kalau aku dibiayain ibu aku juga. dan toh kesana bukan untuk liburan melainkan summer course (tanpa extend sebelum/sesudahnya). lagi pula mengurus surat referensi memerlukan tambahan biaya lagi ._.

    tapi (lagi), garagara baca komentar-komentar yang dibalas mas febry, aku jadi takut di tolak juga karna di paspor ku tidak ada sticker apapun, alias baru pertama keluar negri.

    aku harus bagaimana ya? apa pede aja buat tetep ngajuin?

    Chintamy Dwi Noviana

    16 June 2015 at 15:11

    • sbb, ini sudah Agustus πŸ˜‰ harusnya ga ada masalah sih dari persyaratan yang udah kamu sebut πŸ™‚
      ditunggu share jalan-jalannya πŸ˜‰

      Febry Hadinata

      7 August 2015 at 23:47

  54. pngn k korea.tp Gk puny saldo ditabungan.sbaikny pke rek siapa ?

    ima

    9 July 2015 at 10:30

  55. μ•ˆλ…•ν•˜μ„Έμš” ..
    Makasih share pengalaman nya ka .
    Sgat membantu bngt ..
    Rencaya awal oktober nanti saya mau ngajuin visa korea nya !!ada yg mau bareng ?

    Yg aku mau tanyain ka .. aku kan kerja nya baru april kmren kan. Nah otomatis aku blm punya SPT .. aku cuma punya npwp nya aja !!apa jadi masalah kak ? Trus di ktp aku status nya masih blm kerja krn ktp ku jadi bulan februari jadi emang pas belum kerja .. menurut kaka gimana ?

    #mkasih !! Maaf kepo ka heheh

    siyun

    7 August 2015 at 18:55

    • μ•ˆλ…• πŸ˜‰
      di atas udah aku jawab pengalaman yang sama tanpa SPT karena NPWP baru buat, cukup menyertakan SIUP en kartu NPWP.
      kalo status KTP ga masalah, selama kamu menyertakan surat referensi kerja dari kantor.
      ν–‰μš΄!

      Febry Hadinata

      8 August 2015 at 00:03

      • λ„€ λ„ˆλ¬΄ κ³ λ§™μŠ΅λ‹ˆλ‹€ 였빠 febry …
        Iya kak !! Semoga ntar berjalan sesuai rencana !!!
        ν•œκ΅­μ—μ„œλŠ” ν–‰λ³΅ν• κ±°μ˜ˆμš” … β™₯β™₯β™₯

        siyun

        8 August 2015 at 10:42

  56. siang kak, kbetulan lagi googling cra apply visa dab ketemu blog kakak, aku bru mau apply visa snin bsok, krna aku masih mahasiswa, aku pakai fotokopi buku tabungan papa ku, nah msalahnya pas aku cek, pas bulan mei papa ku dapet trf-an 70jt (papa ku crita itu dpet krna tmannya memakai namanya untuk apa gtu, aku lpa) dan kmudian pada bulan juni kmaren dia mentransfer sebesar 30jt ke rekening bank meganya, kan itu dana lumayan besar yang tiba-tiba masuk dan kluar, klo kyk gtu enaknya gmn ya? takut ditolak soalnya pnglaman prtama apply visa :’)

    Nikke

    8 August 2015 at 13:36

    • Haloo aku baru mau apply visa dan keadaan rek orang tuaku jg persis kaya kamu. Visa kamu di approve kah? Dgn keadaan rek seperti itu? Thank you πŸ™‚

      sarahmawla

      19 September 2016 at 20:35

  57. Alo ka,maaf ka mw nanya..saya rncana ke korea awal nov ini..status saya cpns yg bru mulai kerja april 2015 ini..saya blm bsa mngambil cuti dan ingin mgunakan sponsor dri orang tua saja,jadi apa cukup saya mngajukan surat sponsor,rek koran + referensi ortu?dan untuk bagian occupation di visa hrs saya isi apa ya ka? Terima kasih ka

    rina

    18 August 2015 at 13:46

  58. Dear Mas Febry Hadinata,

    I am very proud of you, already sharing knowledge and experiences to the reader friends everything.

    Regards,

    David Suprayogi

    David S

    26 August 2015 at 17:49

  59. Hello begini suami sy bekerja d korea legal ikut program G to G .dan sy mau mengunjungi dia di sana …kira kira visa sy bisa d approve tdk .krn sy hanya ibu rumahtangga..mohon pencerahannya.terimakasih

    Angel Rattu

    28 August 2015 at 18:11

  60. Hi MasFeb! Salam kenal. First, thanks a lot for the useful information you’ve shared. Ada rencana besok mau apply visa ke Seoul. Dan bhaaaaam langsung ciut baca2 comment perkara spt 21 doang. Kasus saya, baru kerja 9 bulan which means belum punya spt. Karena spt itu kan dibayar setelah kita setaun bekerja, right? Nah, baca-baca comment temen2 disini, bikin drop sejujurnya. Tapi, saya masih kurang ngerti sih yg dimaksud dengan ‘bisa diganti dengan SIUP perusahaan’. Karena perusahaan saya ngga mau ngasih SIUPnya. Saya mau tanya pendapat MasFeb. What do you think about this?
    1. Surat keterangan bekerja dari kantor
    2. Slip gaji 3 bulan terakhir
    3. NPWP
    4. Referensi bank
    5. Rekening koran

    Cukup ga ya MasFeb? Aseli insecure bgt! Huaaa! Thanks sebelumnya nih mas. Makasih banget buat info2nya. Keep writing MasFeb!

    Regards,
    Chintya

    Chintya

    4 September 2015 at 02:48

  61. Halo Mas Febry,

    Sebelumnya ingin mengucapkan terima kasih untuk sharingnya dan saran dari comment saya sebelumnya πŸ˜€
    Akhirnya visa sudah bisa saya dapatkan untuk keberangkatan oktober, walaupun ngga berjalan mulus juga. Satu hari setelah jadwal pengambilan visa,saya ditelpon untuk datang interview dan membawa berkas2 yg diminta untuk melengkapi berkas sebelumnya. Tanpa menunda lama keesokan harinya saya langsung datang ke kedutaan. Mendaftar ulang jam 2 siang,saya diminta untuk menyerahkan berkas2 saya dulu untuk dicek kembali. Menjelang jam 4 sore saya dipanggil dan ternyata visa saya sudah bisa diambil,artinya tidak perlu interview. Yg saya lampirkan ada SPT (sebelumnya tidak saya lampirkan), Ijazah sekolah terakhir asli, dan buku tabungan asli. Saat di kedutaan itu,ada juga pelamar yang bahkan diinterview,tapi akhirnya dia bisa dapet visanya juga. Jadi saya pikir sepertinya untuk pengurusan visa ini yang penting dokumen2 yang kita punya bisa dilengkapi dan bisa menjamin untuk kita kembali lagi ke indo.

    O ya bahkan ketika saya submit, berkas2 bukti booking pesawat, penginapan dan itenary dikembalikan lagi oleh petugasnya,dan tidak ditanyakan kembali ketika pemberian berkas yg kedua. Mungkin dengan begini bagi yg ragu untuk membeli tiket di awal jadi tidak perlu khawatir lagi. Untuk paspor sendiri,saya pake yg 24 halaman seperti yg pernah saya khawatirkan sebelumnya. Tapi ternyata bisa lolos juga.

    Sekali terima kasih banyak untuk mas febry πŸ™‚

    Widyastuti Utami

    17 September 2015 at 22:14

    • Mba widya, apply visanya kapan? Saya baru mau apply visa, pdhl sbnrnya saya udh planning untuk berangkat bulan depan. Saya tkt sekali kalau ga lolos.. Dari awal apply visa sampai visa diterima brp lama ya mbak? Terima kasih.. Mas febry tolong bantu jawab juga. Terima kasih

      Silvi

      17 September 2015 at 23:02

      • Halo mba silvi,

        saya apply 8 september kemarin, dijadwalkan 15 september jadi tapi visa saya belum di-approve juga. Besoknya saya sengaja tidak telpon ke kedutaan dulu sampe pas sore sekitar jam 4,saya ditelpon untuk interview dan menambah beberapa berkas yg saya sebutkan (sebenarnya juga ditambah tagihan kartu kredit dan bukti surat rumah atau bpkb mobil,tapi saya hanya bisa melampirkan 3 saja tidak apa2). Saya pikir bisa dilengkapi dulu saja berkas2 yang disebutkan di web kedutaan,perihal kalau masih ada yang kurang bisa dilengkapi lagi. Kemarin juga ada beberapa yg seperti saya datang lagi ke kedutaan

        Widyastuti Utami

        18 September 2015 at 09:16

  62. Ko Febry saya mau apply visa ke korea status karyawan dan gaji nya itu dibawah 5 juta tp setiap kali masuk pasti habis pasti habis kalau nga ad saldo endapan bagaimana y utk bca referensi bank nya jg harus keluarga 1 garis keturunan nah ortu juga nga punya duit segitu gmn y lg bingung tiket ud beli haha

    wendy

    24 October 2015 at 13:31

  63. Mas febry..saya mau tanya..
    Saya ada rencana ke korea akhir thn ini,yg jd mslh adalah soal pekerjaan saya..
    Saya mengelola usaha kuliner kecil2an bersama satu pegawai dan berjualan dg mobil
    Krn saya hya usaha mikro yg dikelola sendiri n tanpa toko,saya tdk perlu mengurus siup
    Lalu bagaimana saat apply visa nanti?byk yg blg tanpa siup pasti ditolak,saya jd bingung..
    Apa ada saran dab masukkan ttg dokumen pelengkap apa yg hrs saya siapkan?terima kasih

    Febi

    29 October 2015 at 08:39

  64. Hello Mas Febry aku mau tanya nih

    Aku kan urus visa korea,, tahun kemaren sempat ditolak, krn ada dokument yang enggak lengkap,, yaitu SPT, dikarenakan belum urus,. terus tahun ini coba lagi,, kemaren org kedutaan telpn, minta SPT lagi.. Yang mau akutanyain,, emang SPT wajib yaa??? bukan nya syarat mengajukan visa bukti keuangan salah satunya aja,, klo udah ada reverensi bank/ rekening koran,,, tapi kenapa saya masih di minta SPT tahun2014??? bagaimana caranya agar lolos dari SPT ini?? pengurusannya butuh berapa lama???

    Please bantu jawab yaa. tks

    Orien

    orien

    2 December 2015 at 18:43

  65. Sorry mau nanya tentang surat sponsor / keterangan kerja. Ane udah keluar dari pekerjaan dan misalnya pengen mengajukan visa tapi belum dapat pekerjaan baru apa bisa tanpa surat itu?

    Terimakasih.

    ahmad sofyan

    15 December 2015 at 04:54

  66. Hi, mas Febry!
    Saya sudah beli tiket PP untuk trip ke Korea di akhir Agustus 2016 (23 Aug – 1 Sept 2016).
    Tapi Oktober 2016 passport saya expired.
    Saya sedang kuliah S2 di Rusia, dan baru bisa balik Indo, sekitar pertengahan Juli 2016 (karena baru selesai exam).
    Otomatis, saat tiba di Jakarta, yang pertama saya lakukan adalah, perpanjang passport.
    Saya gak tau deh estimasi perpanjang passport berapa hari jadi.
    Well, yang bikin saya bingung:

    Lebih baik saya apply visa korea setelah perpanjang passport?

    Atau

    Perpanjang visa pelajar Rusia saya terlebih dahulu??

    Dengan catatan: saya kembali ke Rusia tgl 15 Sept. Anggap lah urus visa pelajar saya maksimal jadi 2 minggu-an (waktu urus sih biasanya cuma 4 hari jadi).
    Mas Febry, mungkin bisa bantu kasih masukkannya πŸ™‚

    Thanks

    Indri

    14 January 2016 at 00:21

  67. Qlo pake rekening sendiri dan hnya berstatus sbg mahasiswa dgn melampirkan bahwa sponsor itu ortu bagaimana ? Terima Kasih

    ita susanti

    27 January 2016 at 11:44

  68. Halo mas febry mau tanya dong. Aku kan bln April 2016 ini rencana mau brangkat ke korea. Nah aku kan udah resign dr kantorku tahun 2015 lalu dan sampe saat ini sudah tdk bekerja kantoran lagi hanya jalanin usaha kecil2an aja. Klo aku mau apply visa pake srt sponsor Ortu dan srt referensi bank ortu + rekening koran ortu, itu bisa kan ya. Syaratnya itu aja cukup kan? Tp kata pihak backpacker aku katanya harus cantumin pph 21? Soalnya ortu aku PNS. Mohon penjelasannya donk. Trus di ktp aku kan masih tercanum sbg karyawan swasta tp mslhnya skrg akunudh bukan karyawan swasta lg. Itu pengaruh gak sih? Soalnya di kartu KK aku sudah tertulis wiraswasta.

    Ayya

    28 January 2016 at 07:41

    • hi,,kamu kapan ke korea aku rencana mau ke jinhae juga tanggal 8 april 2016 barengan yuk

      selvi

      27 February 2016 at 13:12

    • Kartu kk drubah dlu,wiraswasta nanti diminta siup,ribet

      Ndrie

      8 April 2016 at 12:59

  69. Kl mau ngecek visa kita asli ap g gimana ya caranya

    anto

    3 March 2016 at 21:42

  70. Thanks for share πŸ™‚

    Vixalexa @Watch movie HD

    24 March 2016 at 17:25

  71. tia
    hi mas febry aku mau tanya, kalo untuk PNS atau polisi susah ga apply visa? atau gabisa? thx sebelumnya πŸ™‚

    tia

    30 March 2016 at 22:14

  72. halo mas Febri, saya mau tanya, kalo bikin aplikasi visa korea mencantumkan KTP gak? klo mencantumkan apa boleh pakai KTP format lama (bukan e ktp)? makasih

    adeolive

    25 April 2016 at 10:24

  73. halo mas febry,
    saya seorang pengusaha online. apa yg harus dilampirkan ya? utk siup juga tdk ada. mohon jawabannya thx πŸ™‚

    cynantia

    26 April 2016 at 23:46

    • hai cynantia..salamkenal ^^
      ceritamu sm kaya aku nih .. punya online shop juga..dan bingung harus melampirkan apa nnti ke embassy ..
      kalau km sudah tahu info nya harus bagaimana, share yaa ^^ thankyou πŸ™‚

      simplisilvi

      29 April 2016 at 20:43

      • mau tanya.. apakah SIUP wajib di lampirkan? soalnya HRD kantor saya biasanya tidak aka memberikan SiUP

        Dessita

        9 February 2017 at 23:30

      • SIUP kan cuma buat pengusaha atau pemilik tempat usaha

        Syah Andi

        10 February 2017 at 10:24

  74. Boleh minta emailnya ? Trims

    kania

    27 April 2016 at 15:46

  75. Kak minta no telp. Saya asli blitar ingin urus visakorea. Kl da watsap saya minta. Trimksh

    ferdy

    4 May 2016 at 17:15

  76. Salam kenal, mas Febry.
    Saya Rara mau menanyakan tentang dokumen kelengkapan pengajuan visa korea selatan. Di bulan September 2016, saya berencana akan menghadiri acara konferensi mahasiswa di Seoul sehingga mulai mencicil dokumen kelengkapan visa. Seperti yang sudah disebutkan bahwa jika statusnya mahasiswa (pelajar) maka perlu menyertakan rekening koran orang tua. Namun, orang tua saya tidak pernah menabung di bank dan rencananya akomodasi selama di sana ditanggung biaya pribadi dan sebagian dari fakultas dan sponsor. Lalu sebaiknya bagaimana mas Febry? Apakah cukup menyertakan rekening koran saya saja dan membuat surat pernyataan orang tua yang menyatakan bahwa seluruh biaya akomodasi selama di sana akan ditanggung oleh saya?

    Terima kasih πŸ™‚

    Rara

    6 August 2016 at 08:33

  77. MAU TANYA KALO DI SERTAKAN REK TRANSAKSI TABUNGAN 3 BLN TERAKHIR CUMA SALDO SEKITAR 9 JTAN DAN DI TAMBAHKAN FOTOCOPY DEPOSITO, BISAKAH ?

    MERRY

    26 October 2016 at 16:05

  78. Salam kenal mas febry, sa berencana untuk ke korea bulan januari. tiket sudah terbeli. saya masih berstatus mahasiswa dan berencana menggunakan rek tabungan ayah saya sebagai sponsor tetapi tabungan ayah saya berfluktuasi tiap bulan maklum kerjanya adalah wiraswasta. kadang bisa sampai ratusan juta kadan isi tabungannya ratusan ribu.. bagaimana kalau begitu mas?

    Mikayla Selena

    23 November 2016 at 11:00

  79. mau tanya nih kalau gak ada spt apa bisa? dan jika ada saudara yang bekerja disana apa bisa menjadi penjamin?

    anilya tri

    19 December 2016 at 16:59

  80. Mw tnya sy mnta bntuan agen travel utk urus visa.. Visa sy di tolak, apa bru mengajukan saja kena biaya dri kedubes korea?thx

    kim

    24 December 2016 at 09:20

    • dear kim…

      bantu jawab, di web kedubes korea tertulis
      “Biaya visa tidak dapat dikembalikan apabila dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea”..

      smoga membantu, thanks..

      dwi

      29 December 2016 at 23:55

      • Kira2 saldo tabungan berapa biar sukses bikin visa Korea? *Berangkat Maret nih*

        ksmithjourney

        30 December 2016 at 07:02

  81. Hihihi, gue juga berangkat 1 Maret nih *deg2an*

    Syah Andi

    10 February 2017 at 10:30

  82. Hiii, mau tanya dong. Mengenai rekening koran 3 bulan terakhir, apakah bisa diganti dengan bukti deposit orang tua / sodara satu KK kita?? Deposit tersebut masih aktif & sedang berjalan.

    Karena saya masih bekerja namun tau dehh, fresh graduated, gaji tidak seberapa. Rekening koran 3 bulan terakhir sudah pasti jelek abiss. Tapi jika rekening koran hanya untuk membuktikan bahwa tiap bulan ad masuk gaji, its ok lah.

    Thankyou

    amateurerrrrrrrrxx

    25 February 2017 at 00:16

  83. Makasih banyak untuk informasinya yang bermanfaat banget.
    Mau tanya nih.. Kalau saya sudah kerja namun saya ke korea memakai sponsor dari perusahaan. Apakah saya perlu mencantumkan rekening bank saya juga? Karena rekening bank saya tidak terlalu besar.
    Mohon informasinya.
    Terima kasih

    Jane

    24 March 2017 at 16:35

    • Lampirin aja, mbak. Saya baru ampe tanah air Rabu pagi kemarin dari Seoul. Saya pakai jaminan kakak saya, udah pakai rekening koran dia, tapi ttp punya gue diminta jg. Gue sengaja pake rekening koran kakak krn tabungan juga lagi gak banyak dan gak pernah print, dan wkt diminta pun hari Sabtu saat itu #ribet

      Syah Andi

      24 March 2017 at 16:41


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: