Febry Hadinata Wordpress

Jogja x Dieng x Solo Part 1

with 5 comments


JogjaDiengSolo

Balik lagi ke kisah jalan-jalan lainnya, kali ini cerita membolang versi dalam negeri, napak tilas ke daerah Jawa Tengah. Semua kisah ini bermula dari secarik undangan married yang berakhir dengan kisah membolang 5 hari 5 malam (120 jam), menyusuri 3 kota, melewati belasan kabupaten, dengan total perjalanan kurang lebih 1.015km 😉

Flashback singkat, kurang lebih 6 bulan sebelumnya, teman seperjuangan semasa kuliah ngasih kabar mau melepas masa lajang jangan nanya “kapan nyusul?” , yang acaranya akan di gelar di kota Liwet a.k.a Solo, beberapa orang nyebutnya sih kota “the Spirit of Java”. Buat aku yang lom pernah menginjakkan kaki ke daerah Jawa Tengah, ini semacam panggilan dinas, atau sweet-escape *eggcited.

Draft awal coret-coret’an perjalanan dari Bali ke Solo pun masih setengah-fix, yang pasti fix adalah ntar bakal landing di Jogjakarta (puja tiket promoo :)). Tapi kalau cuma Jogja – Solo – Jogja, kayanya garing … Setelah googling sana-sini, dan based on level ketertarikan yang lebih ke arah batu atau pohon2an landscape daripada Kuliner / Ngafe cantik, akhirnya jatuh lah pilihan pada negeri di atas awan, kota Dieng. Fix lah rute Jogja – Dieng – Solo – Jogja.

Dan, last minute sebelum berangkat H-1 minggu, seorang temen traveler (yang #ciyeeh sudah pernah membolang ke Norway), pingin ikutan juga ke rute Jogja – Dieng – Solo 😀 So kegalauan waktu traveling sendiri seperti kemungkinan di begal, mulai sirna 😀 at least ntar kalo ada begal, ada temennya lah buat ditumbalin #eh

 

Jogja

Kota Gudeg…

Sudah impian dari dulu untuk bisa explore Jawa Tengah, khususnya daerah istimewa satu ini, kota dengan banyak sebutan; Kota Pelajar, Kota Seni dan Budaya, Kota Batik, dan yang trakir Kota Gudeg. Tau dong ya makanan khas Gudeg, masakan dengan perpaduan olahan buah nangka dan santan, yang bisa menghipnotis lidah kamu buat ngerasain rasa dominan manis nan bikin nagih.

Nah tapi aku gak akan banyak ngomongin soal kulinernya :p, gak juga akan mendongeng sejarahnya kota Jogjakarta. Apalagi meng-spam layar kalian dengan tulisan hiperbolik seperti “Kerenn”, “Awesome”, “Emejingg” …  Karena kalau itu mau ditulis, bakalan banyak 😉 Aku akan share Jogjakarta dari sisi landscapenya yang ga umum, tempat-tempat yang bisa bikin kalian feel jogjagasm 😉 

Bicara soal Jogjakarta dan landscape, satu hal yang muncul di pikiran pasti Candi nya, sebut Prambanan, Kalasan, Sewu, Mendut, dan candi-candi cantik lainnya. Total kurang lebih 13 Candi (belum termasuk Borobudur, karena si Borobudur milik tetangga, Magelang). Tapi setelah googling dan riset-riset, ternyata Jogja punya lebih dari candi-candi ini. Masih banyak yang bisa di explore, sebut pantai, bukit, air terjun, en banyak lagi lainnya.

Setelah riset kurang lebih 1 minggu, dan diskusi yang alot, akhirnya kita come up dengan kurang lebih 20-an nama tempat dengan latar belakang bervariasi (pantai, air terjun, wisata alam, bukit), yang pada akhirnya kita sepakat buat mengunjungi 8 tempat, dan ini list tempat yang kita “taksir” : Kebun Buah Mangunan, Kalibiru, Pantai Jogan, Pantai Watu Lumbung, Pantai Siung, dan 2 lokasi yang letaknya dipinggiran Jogja, Kebun Teh Nglinggo (Bukit Kukusan) dan Punthuk Setumbu (kawasan Magelang). 

Dan ini nama-nama tempat yang kita eliminasi : Pantai Indrayati, Sundak, Krakal, Kukup, Timang, Camping di Wisata Alam Kali Kuning, Cave Tubing di Goa Pindhul, Narsis di Prambanan / Mendut, Mengunjungi spot sejuta umat di Taman Sari.

Dari 8 tempat kece di atas, kita cuma kesampaian mengunjungi 5 spot. Sisa 3 lainnya di luar batas kemampuan, gak cukup waktu. Dari semua itu, yang paling berkesan di Jogja dan sekitarnya versiku adalah 2 tempat ini.

Jogja

Bukit Kukusan

Pertama kali tau spot ini dari teman-teman instagram, awal nge-hits-nya pas awal tahun 2015. Letaknya di antara perbatasan Jogja dan Magelang, tepatnya di daerah Samigaluh kabupaten Kulonprogo. Kalau diukur dari Jogja, jaraknya kurang lebih 35 km, butuh waktu sekitar 60-80 menit.

Bukit Kukusan ini memiliki 2 puncak, Puncak Kendeng (puncak yang lebih tinggi), dan satunya Puncak Dempok. Kedua puncak ini bisa dibilang ibarat panggung pertunjukan, dimana saat-saat tertentu awan tebal mulai menipis terbawa angin. Lalu disambung dengan cuaca cerah (saat faktor hoki lagi maksimal), maka kalian bakal melihat perpaduan lembah dengan background deretan Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro, Prau, Andong dan Ungaran 😉 yes, beli 1 gratis 7.

Jogja

Jogja

Jogja

Jogja
Lokasi Bukit Kukusan ini bersebelahan dengan obyek wisata Kebun Teh Nglinggo (photo atas, kiri : bukit kukusan, kanan : kebun teh nglinggo). Secara administratif, Kebun Teh Nglinggo ini masih termasuk daerah Jogjakarta, sedangkan Bukit Kukusan tercatat milik tetangga Magelang, ya hanya dipisahkan jalan sepetak 😀

Dari lokasi parkir sampai ke puncak Kendeng / Dempok sendiri memerlukan waktu 15 menit, relatif gampang. Untuk best season kesini adalah saat musim-musim kemarau, Mei – Sept. Sedangkan best timenya saat jam sunrise, dimana masih sejuk-sejuknya dan ada penampakan awan tipis. Tapi untuk explore saat jam-jam sunset kayanya juga masih photoable 😉

NB : Perlu dicatat menuju tempat ini juga memerlukan perjuangan, stamina dan kondisi kendaraan harus OK, mengingat banyak dijumpai tanjakan extreme dan belokan curam.

NB.2 : Psst ada alternatif lain menuju ke bukit kukusan kalo dari arah Punthuk Setumbu / Utara. Kalian bisa berhenti di spot ini, kemudian hiking cukup 1 jam untuk sampai ke bukit kukusan. Suasana hiking di dalam hutannya termasuk wajib dicoba, biasanya banyak pekerja teh dari desa yang naik melewati jalur ini ;p Tips ini cuma buat kalian yang anti-mainstream en sudah hopeless kesasar dan males muter balikk jauh, … kayak kita 😐

Jogja

Punthuk Setumbu

Terletak di sekitar candi Borobudur, Magelang, spot ini termasuk yang sudah nge-hits dari  dahulu kala. Salah satu spot untuk menikmati paket view Sunrise dengan latar belakang Gunung Merbabu dan Merapi, sekaligus Candi Borobudur as object pemanis. Jaraknya kurang lebih 3 km dari Borobudur, ke arah barat. Perlu waktu sekitar 1.5 jam atau 40km dari Jogja ke tempat ini.

Mirip dengan Bukit Kukusan, kalo faktor hoki lagi maksimal, pas cerah-cerahnya kita bisa lihat barisan kabut yang menutup Borobudur perlahan terangkat naik, dan sinar sunrise kuning menembus deretan awan tipis.
(photo punthuk setumbu diatas termasuk kasta yang #gagalsunrise ;”), jadi ya jangan ditanya mana sinar kuningnya)

Tempat ini termasuk banyak fansnya terutama dari kalangan fotografer, spot-spot untuk foto strategis biasanya sudah di”booking” dengan tripod + kamera + lensa termos tele. jadi buat kalian yang mau dapet spot enak, nyaman bisa datang lebih pagian lagi.

Butuh penunjuk jalan? well, arahin GPS ke posisi sini. Sampai kamu melihat plang bertuliskan “Borobudur Nirvana Sunrise”, nah berarti itulah pintu masuknya. Masuk sampai ke tempat parkirnya, lalu bayar entrance tiket per orang 15.000,- (per Jun2015). Dari area parkir sampai ke puncak pandang memerlukan waktu sekitar 15 menit.

Another HotSpot

Satu lagi tempat menarik bagiku, tapi sayang belum kesampaian… Kebun Buah Mangunan, di daerah Dlingo Imogiri, yang satu ini tempatnya emang agak “nyeleneh” ke arah tenggara jauh dari spot lainnya, kurang lebih daerah sini. Nah dari spot puncaknya ini kita melihat pemandangan Pegunungan Sewu dan Sungai Oyo dibawahnya, dijamin viewnya instagramable banget 😉 Di dekat situ konon katanya ada Thiwul gurih enak punya Mbok Sum yang wajib di coba #bukanendorse.

Spot seksi lainnya lagi adalah barisan pantai di daerah selatan yang jumlahnya ga sedikit, ada 20an! Beberapa tahun di Bali, hampir setiap weekend ada ritual beach-hopping, jadi jujur sempet under-estimate dengan pantai-pantai di Jogja :p Tapi! ya tapi! Setelah mampir ke salah satu pantai, sebut Siung, pandangan akan pantai Jogja perlahan berubah sedikit, pasir mungkin nggak seputih di pantai Nyang-Nyang Bali, tapi lekuk tebing dan karang yang mengelilingi pantai ini memang patut diperhitungkan 😉

Matur nuwun Jogjaa!

People always say hidden gems are always great to find, ternyata ini berlaku di mana-mana. Tempat yang bakal buat kamu amazed, mostly masih jarang di expose bahkan di explore. Butuh effort ke tempat-tempat seperti ini, tapi ketika kamu sudah sampai sana, kamu bakal ngerasa itu worth-it banget. Itu semua berlaku di Jogja ini 😀

Akhir kata, bukan hanya alam Jogja yang bikin aku pingin balik kesana dan explore lebih lanjut, tapi Orang-Orangnya yang halus, ramah, murah senyum itu lah yang juga bikin ngangenin. Matur nuwun alam jogja, orang-orangnya, budayanya, dan semuanya. Ok, sekian dulu liputan singkat jalan-jalan di Jogja, untuk kisah Dieng bakal dimuat di post berikutnya 😉

Dan seperti biasa, pin map posisi tempat-tempat kece yang tadi sudah disebut bisa di check di peta ini.



Jogja
Jogja

FoodHopping

*bonus ala kadarnya : food-hopping selama di Jogja dan Solo, dari kiri atas – kanan bawah : Es Dawet Bu Dermi at Pasar Besar Solo (super fav!) – Wedang Ronde at Malioboro – Indomie Goreng 2 porsi + Telur at Kebun Teh Nglinggo setelah Hiking 1 jam, Serabi Legendaris Notosuman at Solo, nasi-lupa-namanya, Nasi Liwet

Advertisements

Written by Febry Hadinata

5 August 2015 at 00:06

5 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ah keren banget! Jogja emang selalu memukau 😀

    Pradis

    10 September 2015 at 18:26

  2. Stunning banget view nya! keren kak suka banget 😀

  3. fotonya keren2 bikin ngiler.. ijin reshare mbak

    salam kenal

    dieng

    1 May 2016 at 16:19

  4. Oh my god kak feb. Fotonya keren-keren banget yak. Ampe mataku ndak bisa merem ini! 😀

    Pramesti, Cory

    6 August 2016 at 23:23

  5. Part 2 kok sy cari2 ga nemu ya? Keren foto2 dan tulisannya.

    Kris

    9 December 2016 at 08:27


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: